ASN SMPN 7 Arsel Wisata Arsip Dan Pustaka Ke DPK Kobar

(Foto bersama) Kepla SMP Negeri 7 Arsel Gerry Yunida, M.Pd bersama para guru dan Tenaga kependidikannya beserta pegawai ASN DPK Kobar, Kamis (12/3). (disdikbud_kobar)

MMC Kobar - SMPN 7 Arut Selatan pada Kamis (12/3) mengadakan wisata arsip dan pustaka ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk menambah wawasan guru dan tenaga kependidikan.

Hal itu diperkuat juga dengan adanya surat edaran dari Dinas Perpusda nomor 045/55.1/DPK.IV tanggal 31 Januari 2020 tentang Layanan Wisata Arsip. Inisiatif dilaksanakannya kegiatan ini juga dilatarbelakangi karena SMPN 7 Arut Selatan sebagai juara 1 Perpustakaan Sekolah tingkat Kabupaten tahun 2019.

(Baca Juga : MUI Ajak Umat Muslim Songsong Ramadhan dengan Kesiapan Lahir Batin di Tengah Wabah Covid-19)

Rombongan kegiatan ini terdiri dari kepala sekolah, 37 guru dan 3 pengelola perpustakaan. Sedangkan untuk peserta didik kelas 7, 8, 9 terjadwal akan melaksanakan kegiatan yang sama pada April 2020 mendatang.

“Pertengahan tahun 2020 ini, akan ada perbaikan arsip yang rusak (khususnya arsip Istana Kuning) oleh Arsip Negara Republik Indonesia (ANRI),” ucap Ribut, Kasi Akuisisi dan Pengolahan Arsip.

Ada tata cara khusus untuk memelihara arsip, contohnya ijazah. Dalam hal ini tidak diperkenankan melaminating ijazah. Seperti penjelasan Kasi Pengelolaan dan Preservasi Arsip, Susiati, bahwa untuk menyimpan ijazah supaya baik diperlukan enkapsulasi bukan laminating. Karena bila dilaminating arsip (ijazah) akan lengket dan hilang tulisannya.

Rombongan SMPN 7 Arut Selatan tersebut sangat antusias sekali dengan program layanan wisata arsip dari Dinas Perpusda Kobar. Seluruh guru dan pengelola perpustakaan SMPN 7 Arut Selatan juga sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas bantuan buku referensi. 

“Kami berharap kedepannya, pemerintah daerah lebih memperhatikan perpustakaan sekolah, dengan mengadakan diklat pengelolaan arsip bagi pustakawan. Besar harapan untuk kegiatan wisata ini akan terus ada bagi ASN dan murid sekolah di Kobar,” pungkas Kepala SMPN 7 Arut Selatan, Gerry Yunida. (disdikbud kobar)