Apresiasi Kegiatan P2L, Bupati Kobar Serahkan Penghargaan bagi KWT Terbaik

Bupati Kobar Hj Nurhidayah didampingi Kepala DKP Kobar saat menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada KWT terbaik.

MMC Kobar- Sebagai bentuk Apresiasi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Bupati Kobar Hj Nurhidayah pada Kamis (13/01) memberikan penghargaan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). acara ini digelar di halaman Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat, Jalan Sutan Syahrir Nomor 47 Pangkalan Bun.

Acara penyerahan Penghargaan KWT program P2L se-Kabupaten Kobar diinisiasi dan difasilitasi DKP Kobar dan Bambang Purwanto, anggota DPR RI dapil Kalteng dan diselenggarakan dengan meriah dan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kobar, Asisten Administrasi Umum, Inspektur Daerah, Kepala SOPD dan pimpinan instansi vertikal serta Anggota KWT Program P2L dari 6 kecamatan.

(Baca Juga : Tingkatkan Mutu Pelayanan kepada Masyarakat, Seluruh Pegawai RSSI Pangkalan Bun Ikuti Kegiatan In House Training)

Dalam sambutanya Bupati Kobar mengapresiasi kegiatan P2L ini, dimana pelaksanaannya adalah ibu-ibu KWT yang dengan semangat luar biasa serta kerja sama yang baik memanfaatkan lahan pekarangan kelompok dan anggotanya, menjadi lahan yang produktif untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa kegiatan P2L seperi pembuatan rumah bibit, penanaman tanaman sayuran secara hidroponik maupun dalam polybag, pembuatan kolam ikan dan lain-lain. Dengan memanfaatkan lahan pekarangan serta penanganan pasca panennya bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan masyarakat terlebih di masa pandemi sekarang ini,” ungkap Bupati.

Sementara itu Plt Kepala DKP Kobar H. Akhmad Yadi menjelaskan kegiatan pemberian penghargaan bagi KWT ini baru pertama kali dilaksanakan di Kobar.

“Sebagai salah satu bentuk apresiasi dan menumbuhkan semangat serta kreatifitas KWT dalam upaya mewujudkan kedaulatan, kemandirian pangan keluarga. Pemberian penghargaan bagi KWT pelaksana P2L diharapkan ke depan akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan maupun lahan tidur atau lahan tidak produktif,” terang Yadi.

Saat acara berlangsung Bupati Hj Nurhidayah menyerahkan penghargaan bagi 5 KWT Pelaksana P2L terbaik yakni, terbaik I KWT Mandiri Bersatu Kelurahan Sidorejo, terbaik II KWT Sri Rejeki Desa Kebun Agung, terbaik III KWT Beringin Jaya Desa Pasir Panjang, terbaik IV KWT Puspita Sari Desa Lada Mandala Jaya, terbaik V KWT Sekar Wangi Desa Sukajaya. Selain penghargaan bagi KWT terbaik ada juga beberapa kategori penghargaan yang diberikan kepada KWT yang tersebar di 6 kecamatan diantaranya, Kategori Kekompakkan, Kategori Hasil Panen Terbaik, Ketegori Inovasi Terbaik, Kategori Tertib Administrasi dan Kategori Etos Kerja serta Kategori Penyuluh Pendamping Tergiat. (dkp Kobar/edt:mri)