Apresiasi Dirjen IKP Kemenkominfo RI pada Gelaran Festival KIM di Surabaya

Pembukaan Festival KIM di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Jumat (27/10)

MMC Kobar – Jumat (27/10) Dinas kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang diwakili oleh Pranata Humas Muda Dessy Angreni beserta perwakilan 1 (satu) orang Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kobar yakni KIM Dizzi Net menghadiri kegiatan Festival KIM yang diselenggarakan di Balai Pemuda Surabaya pada tanggal 27 sd 28 Oktober 2023.

Terdapat 16 KIM dari 14 provinsi di Indonesia yang turut berpartisipasi mengikuti lomba KIM terbaik. Ada tiga kategori yang dilombakan pada ajang tersebut, yaitu UMKM, pariwisata, serta pertanian dan berkebunan. Dari jumlah tersebut, tercatat 10 KIM mengikuti lomba kategori UMKM, 3 KIM pertanian, dan 3 KIM pariwisata.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Usman Kansong yang memberikan langsung penghargaan tersebut mengungkapkan apresiasinya kepada para pegiat KIM.

(Baca Juga : Siapkan Konektivitas Untuk Sukseskan Asian Games 2018)

"Malam Apresiasi bagi para pegiat KIM ini adalah yang pertama kali kolaborasi antara Kemenkominfo dan Diskominfo Kabupaten/Kota untuk menunjukkan kemampuan mereka. Kategori penilaian KIM tahun ini memang masih terbatas, tapi mudah-mudahan tahun depan bisa ditambah lagi kategorinya,” tuturnya.

Usman berharap agar kategori apresiasi yang diberikan Kemenkominfo tahun ini bisa memajukan semangat KIM dalam menyebarkanluaskan informasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Bapak Usman Kansong Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI menyampaikan sambutan pada pembukaan Festival KIM

“Meskipun KIM Festival baru diadakan beberapa kali, saya sangat bangga karena KIM yang ikut berkompetisi tahun ini kualitasnya semakin meningkat. Mudah-mudahan ke depannya juga ada apresiasi yang lebih nyata lagi untuk meningkatkan kemampuan pegiat KIM, misalnya diperbolehkan magang di Kemenkominfo selama satu minggu full dibiayai oleh kami atau diperbolehkan mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS)," tambah Usman.

Di tempat yang sama, Dessy Angreni, Pranata Humas Muda Diskominfo Kabupaten Kotawaringin Barat yang sekaligus pembina teknis KIM di Kabupaten Kobar mengatakan bahwa prestasi yang diraih oleh para KIM yang ada di seluruh Nusantara merupakan bentuk apresiasi dari apa yang telah mereka jalankan selama 5 tahun.

"Suatu tantangan dalam mengembangkan KIM di era sekarang ini. Butuh sentuhan-sentuhan yang baru, agar dapat berbuah manis. Kita harus memberikan semangat pada para pegiat KIM agar terus eksis dan selalu memberikan informasi terupdate mengenai kegiatan baik yang mereka lakukan maupun kegiatan pemerintah daerah", ungkapnya.

Berikut Pemenang Utama Lomba KIM Festival 2023

- KIM Terbaik Bidang UMKM  :

KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Jateng.

- KIM Terbaik Bidang Pariwisata :

KIM Taman Kreatif Plipitan Kota Serang Banten.

- KIM Terbaik Bidang Pertanian :

KIM Taruna Jaya, Provinsi Jawa Barat

- KIM Terfavorit : KIM Provinsi Jawa Barat

 

Penghargaan Khusus KIM Festival 2023 :

- KIM ADAPTIF : KIM Muara Badak Kaltim.

- KIM INOVATIF : KIM Graha Asri Sulawesi Tenggara.

- KIM INSPIRATIF  : KIM Allewuang Sulawesi Barat.

- KIM ASPIRATIF : KIM Paya Tumpi Baru Provinsi Aceh.

- KIM KREATIF : KIM Pandan Arum Kota Madiun Jawa Timur.

 

PENGHARGAAN KHUSUS :

KIM Terproduktif di Platform KIM.ID :

KIM Batu Putih Kabupaten Sumenep Jatim.

Dengan Postingan 182 Berita di tahun 2023.

(Dsy/ Diskominfo Kobar).
 

Para pemenang lomba KIM terbaik