Apel Gelar Personil dan Sarpras di Kabupaten Kobar

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Tengku Ali Syahbana bersama perwakilan pejabat Forkopimda Kobar

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui BPBD dan Satpol PP Damkar mengikuti kegiatan Apel Gelar Personil dan Sarpras program prioritas Polda Kalimantan Tengah Tahun 2022 melalui video conference bertempat di lapangan Sampuraga Lama, Selasa (18/1/2022). Apel gabungan ini digelar dalam rangka penanganan karhutla, banjir, food estate, kejahatan lingkungan dan Covid-19 di wilayah Kalteng.

Kegiatan ini dihadiri oleh Assisten Pemerintahan dan Kesra, perwakilan pejabat Forkompimda Kobar, Kasat Pol PP dan Damkar, personil gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan Damkar, Basarnas, BPBD, Dishub, Tagana, Dinas Kesehatan, PMI, relawan pemadam kebakaran serta ormas.

(Baca Juga : Petugas Damkar Kobar Evakuasi Sarang Tawon di Permukiman Warga)

Apel gelar personil dan sarpras yang berlangsung di lapangan Direktorat Samapta Polda Kalteng tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Nanang Avianto diikuti oleh semua jajaran Polres se-Kalteng baik secara luring dan daring. 

Menurut Nanang Avianto, ada 5 program prioritas di tahun 2022 yang akan dilaksanakan, antara lain melaksanakan vaksinasi Covid-19, pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, penanganan banjir, terkait program pemerintah mengenai food estate dan pemberantasan kejahatan lingkungan hidup.

“Kami juga terus berupaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dengan memaksimalkan kegiatan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi disiplin protokol kesehatan (Prokes) dan 5 M. Sosialisasikan undang-undang yang terkait dengan kejahatan terhadap alam sehingga semua bisa tetap berlangsng lestari dengan asas keseimbangan,” kata Nanang.

Nanang berharap apa yang telah disampaikannya bisa dilaksanakan dengan baik dan siap diperjuangkan di lapangan dalam kondisi dan ancaman apapun yang terjadi, karena itu adalah konsekuensi bahwa kita siap melaksanakan apel gelar pasukan seperti ini.

“Kuncinya adalah kebersamaan kita bekerja secara ikhlas menjalankan tugas-tugas sebagai Aparatur Negara,” ujar Nanang mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan kegiatan penyematan Ban Lengan Karhutla kepada personil KODIM 1014 Pangkalan Bun dan personil Bhabinkamtibmas Polres Kobar, penyematan Ban Lengan Lingkungan Hidup kepada personil Satreskrim Polres Kobar, penyerahan APD kepada personil BPBD Kobar, personil SAR dan personil Satpol PP serta penyerahan piagam penghargaan Kapolres Kobar sebagai bentuk apresiasi Polres Kobar kepada 4 personil Damkar Kobar yang telah ikut berperan dalam menghadapi permasalahan kamtibmas yang terjadi di lingkungan sekitar. (dsy/edt:mri)

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah menyerahkan piagam penghargaan kepala 4 personil Damkar Kobar