Ajak Warga Kobar Peduli Sampah, DLH Kobar Lakukan Aksi Pungut Sampah pada Puncak Peringatan HPSN 2020

Warga sangat antusias memunguti sampah pada Aksi Pungut Sampah dalam rangka Peringatan HPSN 2020 pada Jumat (28/02). Foto: dok. DLH Kobar.

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan aksi pungut sampah yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan puncak pelaksanaan Kegiatan Hari Peduli Sampah (HPSN) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2020 yang dilaksanakan di sepanjang jalan Sutan Syahrir pada Jum’at (28/02).

Acara yang berlangsung lebih kurang tiga puluh menit ini dimulai pada pukul setengah tujuh dan dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Kobar antara lain Kepala SOPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Penggiat Lingkungan serta masyarakat sekitar.

(Baca Juga : BBAT Mandiangin Verifikasi Calon Penerima Bantuan Sarpras Bioflok di Kobar)

Menurut Kepala DLH Kobar, Bambang Djatmiko Trikora menerangkan bahwa kegiatan aksi pungut sampah ini dimaksudkan agar para ASN dan masyarakat sekitar khususnya di daerah perkantoran jalan Sutan Syahrir ini dapat menjaga kebersihan, dan membudayakan membuang sampah pada tempatnya.

"Guna mewujudkan Kobar Bebas Sampah kami selaku leading sector di bidang Pengelolaan Persampahan mengajak seluruh warga Kobar ikut andil dalam mengatasi masalah sampah yang ada di Kobar agar terjadi sinergi antara Pemkab Kobar, Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) dan juga masyarakat," terang Bambang.

Menambahkan pernyataan Kepala DLH Kobar, Kabid PSLB3 M. Robiannor menjelaskan bahwa aksi pungut sampah kali ini sebagai bentuk kepedulian kita semua terhadap permasalahan sampah.

"Dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 ini dapat kita dapat kita jadikan momentum bersama sebagai wujud kepedulian kita terhadap masalah lingkungan terutama sampah sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah," imbuh Robi. 

Untuk memberi semangat kepada para peserta aksi pungut sampah sekaligus bentuk apresiasi kepada peserta yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak diberikan hadiah berupa bibit tanaman buah yang langsung diserahkan oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah.

Setelah dilakukan penilaian, peserta yang mengumpulkan sampah terbanyak adalah dari Desa Pasir Panjang yang diterima langsung oleh Kepala Desanya Tamel.

Melalui apresiasi ini kiranya dapat memberikan motivasi agar masyarakat lebih peduli terhadap permasalahan sampah dan mengajak masyarakat secara bersama-sama untuk tetap berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah mulai dari rumah masing-masing melalui cara memilah sampah, memanfaatkan sampah dan mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai.

Dengan adanya sinergi antara Pemkab Kobar, DU/DI dan masyarakat Kobar besar kemungkinan "Gerakan Kobar Bebas Sampah" dapat terwujud dengan baik. (riyan/karlan08