41 Orang Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan Ikuti Pelatihan Strategi Pegembangan Perpustakaan

Kepala DPK Kobar, Zainah saat menyampaikan sambutannya kepada peserta Pelatihan Strategi Pegembangan Perpustakaan di Aula Kantor DPK, Senin (16/3).

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan pada Senin (16/3). Pelatihan ini mengambil tema ‘Perpustakaan Berkarya Untuk Ikut Berperan Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial’.

Kegiatan ini dihadiri 41 orang pengelola pepustakaan desa/kelurahan se Kabupaten Kobar dan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 16 - 17 maret 2020 di Aula Kantor DPK Kobar dengan narasumber dari DPK Kobar.

(Baca Juga : Lantik Pengurus Baru, Hj. Nurhidayah Ajak GOW Tingkatkan Peran Dalam Pemberdayaan Kaum Perempuan)

Kepala DPK Kobar, Zaina menyampaikan maksud dari pelatihan ini dalam rangka untuk mendorong dan mempercepat terwujudnya masyarakat pembelajar, yakni gemar membaca, mencari informasi dan ,mampu meningkatkan sumber dayanya.

“Kemudian juga untuk meningkatkan peran perpustakaan desa melaksanakan pelibatan masyarakat dalam pelaksanaan peran perpustakaan,” tutur Zainah.

Ditambahkan pula bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan desa, tentang konsep transformasi perpustakaan umum berbasis inklusi sosial serta meningkatkan kualitas layanan perpustakaan desa, meningkatkan penggunaan layanan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan membangun komitmen dan dukungan stake holder untuk transformasi perpustakaan yang berkelanjutan.

Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca, Mustari menambahkan dengan adanya kegiatan ini dengan harapan pengelola perpustakaan desa dapat menjalankan kegiatan dengan baik,sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat itu sendiri.

“Perpustakaan desa tidak menutup kemungkinan bersinergi atau bermitra dengan pihak swasta dalam rangka meningkatkan perpustakaan desa,” kata Mustari. (dpk kobar)