35 UKM di Kalteng Diberikan Pengetahuan Manajemen Usaha dan Pemasaran

MMC Kobar - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar pelatihan manajemen usaha dan pemasaran bagi UKM di Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara yang berlangsung selama empat hari, dari tanggal 23-26 Juli 2018 di Hotel Mahkota Pangkalan Bun.

Elsine, Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya manajemen usaha dan pemasaran agar para pelaku usaha memiliki daya saing.

(Baca Juga : Pj Bupati Kobar Lantik 190 PPPK Jabatan Fungsional Guru)

Elsine juga menjelaskan bahwa kendala yang banyak dihadapi oleh pelaku usaha adalah manajemen usaha dan pemasaran. Mereka dapat menciptakan produk yang baik, tapi sulit untuk memasarkan produk mereka baik barang maupun jasa. Akibatnya banyak usaha yang sulit berkembang bahkan akhirnya tutup.

Pelatihan ini diikuti oleh 35 UKM, dari Kobar sebanyak 15 UKM, Lamandau 14 UKM dan Sukamara 6 UKM yang direkrut oleh pendamping koperasi dan UKM di tiap-tiap kabupaten. (Lasman)