27 Sekolah di Kobar Ikuti Bimtek Sekolah Binaan SPMI

Kepala Dinas Dikbud Kab. Kobar, M. Rosihan Pribadi membuka dan memberikan arahan pada kegiatan Bimtek Sekolah Binaan SPMI Tahun 2020 bagi jenjang SD, SMP, SMA, SMK terpilih di Kab. Kobar.

MMC Kobar - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah menyelenggarakan Bimtek Sekolah Binaan SPMI Tahun 2020 bagi jenjang SD, SMP, SMA, SMK terpilih di Kobar, dan kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Arsela Pangkalan Bun, Senin (16/03).

Dasar diselenggarakan Bimtek ini yaitu UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah Keseluruhan Komponen Pendidikan yang Terkait Secara Terpadu untuk Mencapai Pendidikan Nasional yakni Mengembangkan Ketrampilan serta Meningkatkan Mutu Kehidupan dan Martabat Manusia. Diamanatkan juga pada PP Nomor 19 Tahun 2005 bahwa Setiap Sekolah pada Jalur Formal dan Non Formal Wajib Melakukan Penjaminan Mutu Pendidikan.

(Baca Juga : Gelar Pasar Murah di Kecamatan Arsel, Dinas Perindagkop UKM Siapkan 1.586 Paket Sembako)

Bimtek diadakan selama 3 hari pada tanggal 16-18 Maret 2020. Namun peserta yang dari kecamatan luar kota sudah diperkenankan chek in hari Minggu (15/03) di Hotel Arsela, Pangkalan Bun. Kegiatan ini dibuka pada Senin (16/03) pukul 07.30 WIB oleh Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Kobar, M Rosihan Pribadi.

Bimtek ini diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan agar menghasilkan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Kobar. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI )bertujuan agar sekolah dapat melaksanakan  menjamin penjaminan mutu secara internal terkait peningkatan terhadap 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Melalui 5 siklus yakni pemetaan, perencanaan, pelaksanaan, monev dan penetapan strategi baru sebagai upaya tindak lanjut. Maka pada intinya sekolah dapat melaksanakan penjaminan mutu di sekolahnya secara internal.

Peserta bimtek berjumlah 27 kepala sekolah dan 27 pelaksana tata usaha sekolah dari perwakilan 6 kecamatan. Fasilitator dan narasumber berasal dari LPMP Provinsi Kalteng. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Konsultan LPMP Provinsi Kalteng, Toto Santosa. 

 “Pemenuhan dan penjaminan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab setiap komponen sekolah yang dipengaruhi oleh budaya mutu dan kesadaran bersama seluruh ekosistem di sekolah,” ujar Kepala Dinas Dikbud Kobar, M Rosihan Pribadi.

Kepala Dinas Dikbud Kobar, M Rosihan Pribadi juga berterima kasih dan sangat mendukung LPMP Provinsi Kalteng. “Kami berharap kepada seluruh peserta Bimtek agar bersungguh-sungguh supaya memiliki pemahaman konsep SPMI dan implementasinya di sekolah masing-masing,” pungkas M Rosihan Pribadi. (disdikbud kobar)