Bibit Gratis Untuk Pengendara Bermotor

Bupati Kobar Hj Nurhidayah sedang memberikan bibit tanaman kepada salah satu pengendara yang melintas di ruas jalan P. Diponegoro (depan Barata Store) pada Jumat (28/02). Foto: dok DLH Kobar

MMC Kobar - Dalam rangkaian Peringatan HPSN Tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selain menyelenggarakan aksi pungut sampah dan pembagian tas ramah lingkungan juga membagikan bibit tanaman lokal kepada pengendara kendaraan bermotor yang melintas jalan Pangeran Diponegoro tepatnya di depan Barata Store pada Jumat (28/02). 

Pembagian bibit pohon ini langsung dilakukan Bupati Hj. Nurhidayah bersama Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah dan Kepala DLH Kobar beserta jajarannya.

(Baca Juga : Dinas P3AP2KB Kobar Lakukan Rapat Persiapan Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) )

Menurut Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, dengan pembagian bibit tanaman lokal ini bertujuan agar kobar memiliki varietas unggulan yang sekarang lagi digalakkan seperti varietas kopi Liberika dan kopi Robusta.

"Selain kelapa sawit, harapan saya kedepannya Kobar memiliki varietas unggulan salah satunya kopi. Yang kami bagikan tadi secara gratis kepada masyarakat adalah bibit kopi Robusta dan Liberika", tutur Nurhidayah.

Terpisah, Kepala DLH Bambang Djatmiko Trikora, menyampaikan bahwa bibit tanaman yang dibagikan merupakan bantuan dari Friend of The National Parks Foundation (FNPF) berupa bibit kopi dan pasak bumi sebanyak 100 batang, sedangkan bibit mahoni sebanyak 50 batang merupakan bantuan dari UD. Rotan.

"Bibit-bibit tanaman yang dibagikan kali ini merupakan bantuan dari PNPF dan UD. Rotan berupa bibit Kopi , Pasak Bumi dan Mahoni dengan total bibit lebih kurang 150 pohon", ungkap Bambang. 

Harapannya dari kegiatan pembagian bibit tanaman ini yang bertepatan dengan Peringatan HPSN 2020 dengan tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera” dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan serta melestarikan dan menjaga kelangsungan alam. (riyan/karlan08)