Waspada Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan, Damkar Kobar Berikan Tips yang Dapat Dilakukan Agar Rumah Tetap Aman

Tim Animal Rescue Damkar Kobar Saat Evakuasi Ular Phyton Masuk Pekarangan Rumah Warga (Foto : Damkar Kobar)

MMC Kobar - Kenapa ular sering masuk rumah di musim hujan? Ini penyebab dan tips yang bisa dilakukan agar rumah tetap aman. Memasuki musim hujan, masyarakat diimbau waspada terhadap beberapa bencana. Misalnya longsor, pohon tumbang, hingga banjir. Tidak hanya bencana alam, masyarakat juga perlu waspada terhadap hewan, seperti ular, yang bisa membahayakan keselamatan. 

Plt Kadis Damkar dan Penyelamatan Kotawaringin Barat melalui Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Saranaprasarana Dwi Agus Suhartono atau yang biasa di panggil Pak Kaboel mengatakan Tim Animal Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kotawaringin Barat (Kobar), mulai awal bulan Januari 2024 sampai dengan hari ini, Jumat (12/1) sudah 5  kali menerima laporan dari warga untuk mengevakuasi ular yang masuk rumah warga. Bahkan, ada beberapa aduan bahwa ular yang masuk ke rumah bisa mengancam keselamatan warga. ungkapnya

Kaboel menjelaskan, penyebab ular memasuki rumah yakni karena ular menyukai area gelap, lembap, dan dingin di dalam rumah. Ular juga biasanya mencari hewan kecil, seperti tikus untuk makanan. Untuk mencegah ular masuk ke rumah saat musim hujan, masyarakat bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Pangkas tanaman di sekitar rumah, Tanaman yang terlalu rimbun di sekitar rumah dapat menarik hewan kecil dan ular untuk bersembunyi di area tersebut. Sehingga penting bagi Anda untuk membersihkan area rumah secara rutin.

2. Tutup celah atau lubang, Selain itu, Anda juga bisa mencegah ular masuk ke rumah dengan menutup celah atau ventilasi luar, memastikan pintu dan jendela terpasang rapat, dan menyegel retakan dan lubang di sekitar fondasi. Lubang-lubang kecil di area ruang bawah tanah juga perlu ditutup rapat.

3. Rapikan barang dan peralatan di rumah, Merapikan barang yang menumpuk perlu dilakukan agar rumah tampak lebih rapi dan hewan seperti ular tidak datang untuk bersembunyi.

“Jika ular terlanjur masuk ke area rumah, segera menghubungi Tim Animal Rescue Damkar untuk proses evakuasi. Pihak Damkar akan melakukan pengecekan dan evakuasi hewan tersebut. Dalam proses evakuasi, petugas penyelamatan sudah dibekali dengan beberapa perlengkapan dan keterampilan khusus,” tutup Kaboel (rz/damkarkobar)

(Baca Juga : Pemkab Kobar Ikuti Penilaian Kinerja Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Palangka Raya)

Seekor Ular King Kobra Yang Masuk Ke Kamar Tidur Rumah Warga Pangkalan Bun (Foto : Damkar Kobar)