Wamen LHK Kunjungi TNTP, Pastikan Kunjungan Wisatawan TNTP Tidak Berkurang

Wamen LHK-RI, Alue Dohong (berjaket merah) beserta jajarannya didampingi Sekda dan Kepala DLH serta sejumlah pejabat lainnya berfoto bersama dengan pengunjung TNTP dari mancanegara pada Rabu (04/03) di Camp Leakey. Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Alue Dohong bersama jajarannya didampingi unsur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) pada Rabu (04/03/2020).

Kali ini Wamen LHK mengunjungi Camp Leakey yang merupakan salah satu tempat untuk melihat secara langsung orangutan berinteraksi dengan kelompoknya di alam liar.

(Baca Juga : Selaraskan Persepsi Arah Kebijakan 2023-2026, Pemkab Kobar Gelar Orientasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan)

Lokasi yang dituju adalah tempat pemberian makan (feeding), di mana petugas TNTP menyiapkan berbagai macam aneka buah dan kemudian memanggil kawanan orangutan untuk menuju feeding .

Dalam kesempatan tersebut, Wamen LHK Aloe Dohong menanyakan apakah dengan maraknya pemberitaan tentang virus Corona (Covid-19) memiliki dampak terhadap penurunan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara di TNTP. Selain itu ditanyakan pula, bagaimana prosedur pengelolaan dan prosedur pengamanan bagi para pengunjung TNTP.

Sebelum kembali pulang menuju Pangkalan Bun, Wamen LHK juga menyempatkan mengunjungi Kebun Bibit Desa (KBD) di Tanjung Harapan, Desa Sekonyer, Kecamatan Kumai yang masih berada dalam kawasan TNTP pada Zona Penyangga. KBD ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian TNTP dalam menyebaluaskan kampanye penghijauan. (dlh.kobar/karlan08)