Tingkatkan Partisipasi Politik Perempuan di Kecamatan Pangkalan Lada, Badan Kesbangpol Kobar Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Kaban Kesbangpol Kobar Drs. Edie Faganti saat memberikan Materi Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Kaum Perempuan di Aula Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (10/5/2023).

MMC Kobar – Setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Pangkalan Banteng, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Kaum Perempuan di Kecamatan Pangkalan Lada.

Kegiatan yang digelar selama satu hari ini dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (10/5).

(Baca Juga : Inspektorat Kobar Gelar Workshop Penyusunan Dokumen Penjenjangan Kinerja)

Makna strategi representasi perempuan di parlemen, yaitu untuk melakukan pembaharuan isu-isu aktual dan keterwakilan. Untuk itu perlu dukungan dari segenap elemen suprastruktur politik, infrastruktur politik dan substruktur politik dalam mewujudkan 30% keterwakilan perempuan dalam kepengurusan parpol di tingkat pusat, provinsi dan kab/kota maupun rekruitmen calon DPR, DPD dan DPRD.

Peserta Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Kaum Perempuan saat mendengarkan paparan dari Anggota DPRD Sri Lestari di Aula Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (10/5/2023).

Kepala Badan Kesbangpol Kobar melalui Kabid Politik Dalam Negeri (Poldagri) Geger Suharmono mengatakan, penting untuk memastikan bahwa keterwakilan perempuan dalam pencalonan anggota DPR, DPRD, DPD, gubernur, bupati dan walikota masih sangat sedikit/minim. Hal ini harus menjadi acuan kita dalam meningkatkan eksistensi perempuan dalam pencalonan kepala daerah dalam pilkada serentak tahun 2024.

“Agenda sosialisasi pendidikan politik ini diharapkan dapat meningkatan kesadaran politik masyarakat, khususnya kaum perempuan. Sehingga bisa berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024,” kata Geger usai membuka kegiatan.

Geger menambahkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi elemen masyarakat khususnya bagi kaum perempuan di Kecamatan Pangkalan Lada. 

“Peserta pada kegiatan ini mampu menjadi Agen Demokrasi dengan menjadi penyebar informasi kepada masyarakat luas mengenai regulasi kepemiluan baik dalam rangka menyongsong Pemilu Serentak 2024,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pangkalan Lada, Robby Setiawan, peserta perwakilan perempuan dari TP-PKK, ketua kader posyandu, kader pembangunan manusia, dan ketua ibu-ibu pengajian dari desa-desa Se- Kecamatan Pangkalan Lada.

Adapun yang menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Anggota DPRD Kobar Sri Lestari), Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti, Ketua KPU Kobar Chaidir, dan perwakilan dari Polres Kobar Iptu Ridwan dan Aiptu Eko Sumarsono. (humas kesbangpol)

Peserta Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Kaum Perempuan di Aula Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (10/5/2023).