Tingkatkan Kompetensi, 7 Pokdarwis Ikuti Pelatihan Kerajinan

Pelatihan Pokdarwis: Narasumber Sutrisno ketika memberikan penjelasan kepada salah seorang peserta pelatihan. (Antonyo Aram)

MMC KOBAR - 7 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti pelatihan kerajinan pokdarwis yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar pada 24-27 September 2018 di Hotel Mahkota Pangkalan Bun.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan kelompok sadar wisata di bidang kerajinan yang nantinya dapat menghasilkan souvenir yang layak dijual kepada wisatawan, dan untuk mendorong pokdarwis dapat mandiri dan menyesuaikan dengan bahan yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan mereka," ujar panitia kegiatan Suci Hapsari pada kegiatan tersebut, Senin (24/9).

(Baca Juga : Komunitas di Kobar Turut Berpartisipasi pada Arak-Arakan Piala Adipura ke-13 Tahun 2023)

Pada kegiatan kali ini, Dispar Kobar memberikan materi pelatihan kerajinan dari bahan batok kelapa dan purun, yang diikuti pokdarwis dari Desa Pasir Panjang, Kubu, Sebuai, Keraya, Kumpai Batu Atas, Sekonyer dan Pangkalan Lada dengan antusias.

"Kerajinan batok kali ini dalam bentuk formula, yang jadi kesulitan adalah alat yang digunakan masih manual, sehingga mempengaruhi kualitas dan kuantitas produk yang dikerjakan. Diharapkan setelah pelatihan para peserta dapat menerapkan formula dan desain ke produk," tukas Sutrisno, narasumber kegiatan.

Sementara menurut Yasika, anggota pokdarwis dari Desa Kumpai Batu Atas dalam pelatihan ini mengatakan. "Setelah pelatihan, kami akan membawa keterampilan ini untuk diterapkan lagi kepada kelompok masyarakat di desa kami agar dapat menambah nilai produk yang akan dijual”. (Antonyo Aram)