Tidak Ingin SPIP Hanya di Atas Kertas, Inspektorat Kobar Gelar Bimtek

Inspektur Kabupaten Kobar, Agus Suparji saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimtek Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di Aula Inspektorat Kobar, Pangkalan Bun, Selasa (30/07). (inspektorat kobar)

MMC Kobar - Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Mandiri Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemkab Kobar (30/7).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan maturitas SPIP SKPD yang belum mencapai level 3.

(Baca Juga : Pj Bupati Anang Dirjo : Kobar Expo 2022 Momentum untuk Mempercepat Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi)

"Bimtek penilaian mandiri maturitas SPIP bertujuan untuk meningkatkan level maturitas SKPD yang belum mencapai level 3. Mengingat di Kabupaten Kotawaringin Barat baru 9 SKPD yang sudah mencapai level 3. Sedangkan yang lain masih di level dibawahnya," ungkap Agus Suparji selaku Inspektur Kabupaten Kobar.

Beliau juga menambahkan bahwa Bimtek ini merupakan forum bagi SKPD untuk belajar SPIP langsung dengan BPKP.

"Kepada peserta bimtek saya harap agar memaksimalkan kesempatan ini untuk belajar langsung sama BPKP, jika ada infrastruktur SPIP yang bingung cara membuatnya bisa minta di ajari disini," tambah Agus Suparji.

Fembrianto salah satu pemateri bimtek dari BPKP memaparkan bahwa SPIP tidak hanya dokumen di atas kertas saja, namun juga pelaksanaannya.

"SPIP tidak hanya pelengkapan dokumen saja, namun juga dinilai pelaksanaanya. Ia dipengaruhi oleh Hard Control juga Soft control. Ini berada di unsur pertama yaitu kepemimpinan yang kondusif. Pemimpin harus bisa memberi contoh yang baik bagi instansinya," papar Femberianto yang juga seorang Auditor BPKP.

Peserta tampak antusias mengikuti bimtek agar bisa menerapkan SPIP di SKPD nya.
"Saya ingin tahu bagaimana meningkatkan level maturitas SPIP di dinas kami. Hal-hal apa saja yang mesti kami lakukan," ungkap Nur Hidayah salah satu peserta dari BPBD.

Peserta Bimtek berjumlah 85 orang yang berasal dari 22 SKPD di lingkungan Pemkab Kobar. Bimtek dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 30 - 31 Juli 2019 di Aula Inspektorat Kobar. (taufik/inspektorat kobar)