Tangkal Konten Negatif di Medsos, Diskominfo Kobar Gelar Workshop Literasi Digital

Puluhan peserta Workshop Literasi Digital tengah menyimak paparan dari Damar Juniarto, Narasumber ahli yang juga merupakan Vice President Regional Government Relations Gojek di Aula Hotel Alibaba Pangkalan Bun, Senin (22/7). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) beberapa waktu lalu menggelar Workshop Literasi Digital dengan tema “Kobar Bicara Baik” di Aula Hotel Alibaba Pangkalan Bun, Senin (22/7).

Kegiatan yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Johatler Lumban Gaol tersebut dihadiri 80 orang peserta yang terdiri dari para pelajar, mahasiswa, pegiat media sosial, Relawan TIK dan Kontributor MMC Kobar.

(Baca Juga : Bupati Minta Pj Kades Sulung Segera Bentuk Panitia Pemilihan Kades Antar Waktu)

Johatler Lumban Gaol yang dalam sambutannya mewakili Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa pelaksanaan literasi digital secara masif dan dilakukan secara bersama akan dapat mendorong pemaksimalan potensi manfaat dan dampak positif internet untuk masyarakat indonesia.

“Gerakan literasi digital menjadi strategi penting untuk berinternet secara sehat dan mendorong tumbuhnya konten-konten kreatif-inspiratif di media sosial,” lanjutnya.

Johatler juga mengharapkan workshop literasi digital dengan tema “kobar bicara baik” mampu menambah wawasan mengenai penggunaan teknologi digital dan mampu mendorong kecerdasan bermedia sehingga menjadi kreatif, memproduksi konten, dan mengantisipasi berita bohong.

“Saya menghimbau dan mengajak masyarakat di sekitar kita untuk meningkatkan literasi digital. Tangkal hoax dengan literasi digital,” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Kabupaten Kobar, Rody Iskandar, S.Sos, M.Si menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya workshop literasi digital ini dalam rangka memberikan edukasi kepada peserta agar memahami pentingnya literasi digital dalam berinteraksi dan berkomunikasi di lingkungan sekitarnya.

“Dengan literasi digital akan terbentuk tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis dan kreatif. Selain itu juga workshop ini bertujuan untuk untuk membentuk masyarakat yang siap menangani teknologi digital dalam memanfaatkan media sosial, membentuk kesadaran dan berpikir kritis terhadap dampak postif dan negatif yang mungkin terjadi akibat penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari dan membentuk budaya saring sebelum sharing,” terang Rody.

“Tujuan pemilihan sasaran peserta yang mengikuti kegiatan workshop literasi digital adalah masyarakat yang banyak dan sering berhubungan dan menggunakan media sosial. Selain itu agar peserta terbiasa memberikan informasi/ konten positif, inovatif dan inspiratif yang bermanfaat bagi masyarakat lainnya,” ujar Febri Sri Hartini, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik menambahkan.

Dalam Workshop Literasi Digital dengan tema “Kobar Bicara Baik” ini, Diskominfo Kobar mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya, yakni Damar Juniarto yang merupakan Vice President Regional Government Relations Gojek dan Edy Supangat, tenaga ahli dari Direktorat Pengelolaan Media, Dirjen Ikp Kementerian Kominfo RI yang juga merupakan editor indonesiabaik.id. (humas kominfo kobar)