Tak Sekadar ‘Branding’, Humas Pemerintah Harus Sampaikan Capaian

Jakarta, Kominfo - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengingatkan, humas pemerintah tidak hanya berperan untuk membranding citra positif pemerintah semata. Lebih dari itu humas pemerintah juga harus mampu menyampaikan apa saja capaian pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Humas pemerintah adalah jantung organisasi/institusi. Tanpa peran humas di masing-masing kementerian/lembaga (K/L) apapun capaian kinerja pemerintah tidak akan sampai ke masyarakat,” kata Syafruddin dalam Seminar Bakohumas yang mengambil tema Capaian 4 Tahun Reformasi Birokrasi, di Hotel Ambhara, Jakarta, Selasa (27/11) siang.

(Baca Juga : Kepala Bapas Kelas II Pangkalan Bun Ikuti Penyerahan DIPA TA 2023)

Namun Menteri PANRB Syafruddin mengingatkan, bahwa pekerjaan humas pemerintah tidaklah semudah membalikan telapak tangan, terlebih mengingat tantangan dan dinamika kebangsaan yang kian kompleks di masa depan. Sementara di sisi lain, dalam menghadapi tantangan revolusi digital dan memasuki era demokratisasi seperti saat ini, pemerintah harus tetap bertahan dan konsisten dipercaya publik.

“Segala capaian kinerja pemerintah harus mendapat legitimasi publik berupa kepercayaan dari masyarakat. Dengan demikian rakyat semakin yakin bahwa negara hadir untuk mereka, atau bahkan ikut berpartisipasi penuh dalam pemerintahan,” tegas Syafruddin.

Sementara itu Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan bahwa capaian 4 tahun reformasi birokrasi perlu disampaikan kepada masyarakat luas, mengingat adanya perubahan komunikasi memasuki era industri 4.0.

Oleh sebab itu Niken mengingatkan, humas pemerintah perlu meningkatkan kinerja agar lebih kretif, serta inovatif dalam mengemas konten, khususnya tentang pencapaian 4 tahun reformasi birokrasi.

Forum Tematik Bakohumas Kementerian PANRB ini dihadiri oleh, Dirjen IKP Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, Sekretaris Menteri PANRB Drs. Dwi Wahyu Admaji, MPA, Kepala Biro Hukum PANRB Drs. Muzakir, MA) Deputi RB  Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA, Deputi SDM Aparatir Dr.Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl, SE, M.Eng, dan Deputi Layanan Publik Prof.Dr.Diah Natalisa, MBA.