Sosialisasi Dapodikdas, Tingkatkan Kualitas Data Pendidikan

MMC Kobar - Sosialisasi aplikasi data pokok pendidikan dasar (dapodikdas) digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada 25 Juli 2018 di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kobar.

Sosialisasi melibatkan 250 peserta yang terdiri dari 190 operator dapotik SD dan 60 operator dapodik SMP dengan narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Disdikbud Kobar.

(Baca Juga : FLS2N Jenjang SD-SMP Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2021 Digelar)

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kobar, Ibramsyah menyampaikan kegiatan ini untuk melatih para operator dapodikdas agar menjadi terampil dalam menggunakan aplikasi dapodik yang setiap tahun mengalami perubahan fitur sesuai dengan keperluan dan pemanfaatannya, bahkan yang paling penting adalah kualitas hasil input data pada aplikasi dapodik bisa menjadi lebih akurat dan valid sehingga berbagai program, baik dari pusat ataupun daerah yang memanfaatkan data-data dari dapodik tersebut menjadi lebih tepat sasaran.

“Diharapkan semua operator dapodik, dapat mengikuti prosedur-prosedur yang ada yaitu tentang tata cara pengisian pada aplikasi tersebut. Misalnya data siswa, data sarpras bahkan ketentuan batas waktu sinkronisasi,” katanya.

Lebih lanjut Ibramsyah mengatakan, koordinasi antar operator dapodik juga menjadi hal yang perlu diperhatikan, “Apabila dalam menjalankan aplikasi tersebut operator sekolah mengalami berbagai permasalahan, dapat melakukan koordinasi dengan operator dapodik Disdikbub Kobar, diharapkan dengan eratnya interaksi antara operator dinas dan operator sekolah juga dapat meningkatkan kualitas dan validitas data dapodik tersebut.” (Joy/Rahmi)