Sinkronisasi Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Kabupaten Kobar Menuju UHC

Wakil Bupati Ahmadi Riansyah saat memberikan sambutan pada acara Rapat Evaluasi Program Kesehatan tahun 2019 dengan tema “Sinkronisasi Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat Menuju UHC” di aula Dinkes Kobar selasa (02/5). (nisa/dinkes)

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan Rapat Evaluasi Program Kesehatan tahun 2019 dengan tema Sinkronisasi Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat Menuju UHC (Universal Health Coverage)”. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinkes Kobar pada Kamis (02/5) dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah.

Ahmadi Riansyah mengatakan agar diharapkan menemukan beberapa solusi-solusi berbagai macam permasalahan yang di temui di lapangan.

(Baca Juga : Jelang Libur Lebaran, Dishub Kobar bersama Satlantas Survei Ruas Jalan Menuju Bugam Raya)

“Jadi rapat koordinasi ini mempertemukan antara petugas kita yang ada dilapangan dan stakeholder yang mengambil kebijakan,” ujar Ahmadi.

“Tadi kita melakukan dialog-dialog penting dan cukup strategis dan harapan kita dari dialog-dialog tadi menemukan sebuah solusi yang paling baik dalam rangka memajukan kesehatan yang ada di daerah kabupeten Kobar,” lanjut Ahmadi.

Diperlukan adanya Sinkronisasi antara Puskesmas sebagai Pelaksana program kesehatan dan Dinkes, sehingga semua kegiatan bisa berjalan sesuai dengan standar pelayanan yang ditentukan. Untuk itu diperlukan komitmen bersama antara Puseksmas dan Dinkes tentang pemahaman terhadap program dan kemampuan dalam penyusunan program kerja sehingga tercipta Komitmen dan sinergitas dalam pelaksanaan kegiatan.

“Indikator keberhasilan kita di bidang kesehatan kita sudah cukup jelas bagaimana angka hidup makin baik kemudian masyarakat kita pola hidupnya semakin sehat. Intinya bagaimana kita mengedepankan tindakan yang prepentif dan juga promotif dengan demikian dapat meminimalisir anggaran dan juga membentuk sebuah masyarakat kobar yang lebih sehat ke depan,” tambah Ahmadi Riansyah.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan selaku Ketua Panitia Rapat Evaluasi Program Kesehatan Dinkes Kabupaten Kobar Tahun 2019, drg. Akhmad Faozan mengatakan kegiatan ini diharapkan tidak hanya dilakukan 1 tahun sekali.

“Jadi memang khusus tahun ini kita mengambil tema Singkronisasi antara pemegang program di dinkes dan pelaksana program di puskesmas, tujuannya agar mensingkronkan data di dinkes dan puskesmas. (nisa/dinkes)