Selain Tangani PDP, Pemkab Kobar Juga Fokus Dalam Pengawasan ODP

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah mengecek tenaga medis di Puskesmas Kumai untuk memastikan kesiapan tenaga kesehatan di lapangan dalam pemantauan ODP di tengah masyakat.

MMC Kobar – Upaya penguatan penanganan penyebaran pandemic Covid-19 di Kotawaringin Barat (Kobar) terus dilakukan pemerintah daerah. Pada Selasa (31/3) Wakil Bupati (Wabup) Kobar melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas layanan kesehatan masyarakat. Ada beberapa titik yang dikunjungi, mulai dari Puskesmas Kumai, posko siaga kesehatan Sungai Melawen dan Puskesmas Pandu Sanjaya.

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah mengatakan jika kegiatan ini dilakukan untuk memastikan semua perangkat dalam Gugus Tugas telah siap dan berjalan dengan baik. Ahmadi mengungkapkan jika langkah penting dalam upaya memutus sebaran Covid-19 ini diantaranya ialah pemantauan ketat warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Puskesmas merupakan garda terdepan dalam pencegahan penyebaran virus yang telah menelan korban ratusan jiwa di Indonesia ini.

(Baca Juga : Ciptakan Kondisi Kamtibmas Jelang Pilkada 2024, Polres Kobar dan Satpol PP Gelar Pertemuan dengan Satlinmas se-Kobar)

“Kami ingin memastikan kesiapan tenaga kesehatan di lapangan dalam pemantauan ODP di tengah masyakat,” kata Ahmadi.

“Kita tidak hanya fokus penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di rumah sakit saja, namun juga ODP yang jumlahnya lebih banyak,” lanjutnya.

Ahmadi juga berharap ODP secara disiplin melakukan isolasi diri untuk mencegah potensi menyebarkan virus, selain juga atas pengawasan secara ketat dari petugas medis di tingkat kecamatan dan desa.

Kesempatan ini juga digunakan Ahmadi Riansyah untuk memastikan tersedianya alat pelindung diri (APD) sebagai standar pelayanan dalam upaya pelayanan pencegahan Covid-19 bagi petugas kesehatan di lapangan. (prokom kobar)