Sambangi Ponpes Sabilur Rosyad, DLH Kobar Ajak Jaga Kebersihan Lingkungan

Kabid PSLB3 M. Robiannor saat memberikan masukan terkait bagaimana pengelolaan sampah yang benar ketika mewakili DLH Kobar dalam kunjungan ke Ponpes Sabilur Rosyad, Kelurahan Mendawai Seberang, Selasa (10/3/2020). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa pagi (10/3) menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilur Rosyad yang berada di Kelurahan Mendawai Seberang. 

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau secara langsung untuk mengetahui permasalahan yang ada terkait dengan permasalahan penanganan sampah.

(Baca Juga : TAPD Kobar Gelar Rapat Pembahasan RKPA SKPD Tahun 2019)

Timbulan sampah yang menjadi momok sekaligus polemik bagi hampir semua kalangan masyarakat dan tidak luput bagi lingkungan pondok pesantren. Sehingga hal tersebut patut diberikan pemahaman kepada semua pihak bagaimana penanganannya. 

Dalam kunjungan DLH Kobar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M. Robiannor disambut oleh para pengajar Ponpes Sabilur Rosyad.

Menurut pengakuan pengajar ponpes yang diwakili oleh Ustadzah Alfi, menjelaskan bahwa sampah-sampah yang telah mereka kumpulkan di tempat sampah yang tersedia di lingkungan ponpes. Apabila sore hari ketika keadaan ponpes sepi, maka sampah-sampah tersebut dihamburkan oleh sekawanan monyet dari hutan sekitar ponpes, sehingga mengakibatkan sampah yang ada berserakan di lantai.

“Sampah di ponpes sebenarnya sudah ditempatkan di bak sampah, namun apabila kondisi ponpes sepi, beberapa monyet mendatangi ponpes untuk mencari makanan dengan mengais-ngais bak sampah, sehingga sampah-sampah jadi berhamburan kemana-mana,” tutur Ustadzah Alfi.

Alfi juga mengatakan, pihak ponpes juga merasa bersyukur atas kedatangan pihak DLH Kobar untuk membantu menyelesaikan permasalahan mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih dengan kedatangan tim dari DLH yang mau mendengarkan permasalahan yang kami hadapi dan bersedia membantu memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Kepala DLH Bambang Djatmiko Trikora melalui Kabid PSLB3 M. Robiannor, menerangkan bahwa DLH Kobar siap membantu untuk bersama-sama membersihkan sampah yang berada di lingkungan ponpes dan sekitarnya.

“Kami merencanakan pada kegiatan 'Jumat Bersih' pekan ini akan melaksanakan pembersihan dengan menerjunkan ‘Tim Buser Kebersihan’ dan juga truk pengangkut sampah,” terang Robiannor.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan yang melibatkan pihak ponpes sebagai pemilik wilayah yang menjadi lokasi pembersihan dapat menumbuhkan kesadaran dari pihak pengasuh ponpes, staf pengajar, para santri dan juga warga masyarakat sekitar untuk secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar dari timbulan sampah dengan senantiasa menghindari kebiasaan membuang sampah sembarangan atau dengan kata lain membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan,” pungkas Robi. (riyan/karlan08)