Roadshow Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, Dinas Dikbud Dampingi Bunda PAUD Kobar

MMC Kobar - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendampingi Bunda PAUD menggelar Sosialiasi Sekolah Ramah Anak di aula Kantor Kecamatan Pangkalan Lada, (31/5). Bunda PAUD dan Pokja PKK Kobar adalah mitra Dinas Dikbud Kobar dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak untuk jenjang PAUD.

Agenda Roadshow Sosialisasi Sekolah Ramah Anak ini untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Kobar. Kecamatan Pangkalan Lada menjadi awal digelarnya sosialisasi tersebut. Sosialiasi digelar selama 1 hari dengan mengundang 12 Bunda PAUD Desa.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bunda PAUD Kobar, Mina Ahmadi Riansyah. Dalam sambutannya, Mina mengingatkan bahwa PAUD yang ramah anak akan membuat orang tua mempercayakan anaknya untuk masuk ke PAUD. Tonggak pendidikan pertama yang harus diperhatikan bersama oleh Kobar adalah PAUD, dimana di PAUD anak-anak akan mulai membentuk karakter.

“PAUD ramah anak akan membuat orang tua tenang dalam menitipkan anaknya, sehingga anak-anak akan mendapatkan kenyamanan untuk membentuk akhlak yang baik,” tutur Mina.

Dalam kesempatan ini juga, Mina menyampaikan bahwa PKK Kecamatan Pangkalan Lada meraih juara terbaik PKK tingkat Kabupaten. Salah satu kriteria penilaian adalah merujuk pada PAUD dari seluruh desa di Kecamatan.

Assesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Kobar dan Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kobar termasuk pemateri dalam sosialisasi ini. Harapan Mina sebagai Bunda PAUD Kab Kobar dan sekaligus ibu bagi anak-anak, sejalan dengan harapan Dinas Dikbud.

“Saya selaku seorang ibu berharap bahwa anak-anak kita terselamatkan dari pengaruh buruk gadget, apalagi belajar masih mengunakan daring. Hal ini juga amanah dari Dinas Dikbud Kobar untuk mewujudkan sekolah ramah anak, sehingga anak akan selamat dan arif menggunakan gadget,” pungkas Mina. (humas disdikbud kobar)