Rakor Persiapan PEDA XIII Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023

MMC Kobar - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023. Kegiatan rapat koordinasi dilaksanakan di ruang rapat Setda Kabupaten pada Senin (25/04).

Rapat Koordinasi ini dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Akhmad Yadi yang mewakili Bupati Kobar. Kegiatan rapat koordinasi dihadiri oleh seluruh SOPD terkait kegiatan atau yang mewakili, perwakilan KTNA Provinsi, Kepala Satpol PP dan Damkar atau yang mewakili dan perwakilan Kecamatan Arut Selatan.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Gelar FGD Percepatan Penurunan Stunting Bersama Stakeholder Terkait)

Dalam sambutan sekaligus membuka rapat, Akhmad Yadi menyampaikan beberapa point yang sekiranya krusial untuk segera ditindaklanjuti.

“Masing-masing SOPD terkait menganggarkan pendanaan PEDA sesuai kebutuhan dan diinput ke dalam aplikasi SIPD, lalu segera mengajukan Nota Pertimbangann Pengajuan Anggaran. Untuk survey kondisi lapangan dan sebagiannya kita bentuk Tim Kecil dan juga untuk mengkoordinasikan pembentukan akselerasi percepatan Penyusunan Anggaran,” terang Yadi.

Dalam rapat hal paling krusial ialah mengenai lokasi pembukaan dan penutupan kegiatan yang sedang dalam proses penilaian kelayakan dari berbagai unsur.

“Pertimbangan lokasi harus dikondisikan secepat mungkin, dari beberapa calon lokasi yakni Gedung Serba Guna Aula Anta Kusuma dan wilayah Pangkalan Bun Park serta Sport Center. Segera lakukan survei lapangan agar secepatnya ditetapkan,” ujar Yadi.

Dalam rapat koordinasi ini masing-masing perwakilan SKPD yang hadir memberikan saran dan masukan serta berdiskusi mengenai hal apa saja yang perlu ditindaklanjuti terlebih dahulu untuk kelancaran lanjutan persiapan kegiatan.

Kepala Dinas TPHP, Kris Budi memaparkan bahan rapat mengenai PEDA XIII Tingkat Provinsi Kalteng untuk bersama-sama didiskusikan dan memaksimalkan kekurangan daripada pengonsepan yang ada. Kris Budi menegaskan pula mengenai kegiatan ini, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan bersama.

“Saya harapkan kita semua proaktif dalam kegiatan ini, ini adalah kegiatan Pemerintah Daerah dan kita harus bersinegritas demi kelancaran dan memaksimalkan kegiatan PEDA ini,” tutur Kris.

Disimpulkan bahwa penetapan lokasi kegiatan dan perencanaan anggaran diutamakan dan disusul dengan unsur lainnya pada Kegiatan Persiapan Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Kobar Tahun 2023. Hal teknis lainnya akan dibahas pada rapat selanjutnya. (tphp_kobar)