Posyandu Akbar Di Kelurahan Raja, Dorong Masyarakat Aktif Memantau Kesehatan Anak Dan Balita

Puluhan Ibu-ibu di Kelurahan Raja membawa anak-anaknya mengikuti Posyandu Akbar yang digelar di Lapangan Termili Kelurahan Raja pada Kamis (11/7). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar – Kelurahan Raja bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Posyandu Akbar, dimana pesertanya adalah Balita dan Anak-anak yang ada di wilayah Kelurahan Raja dan sebagian dari Kelurahan lainnya. Kegiatan posyandu akbar ini dibuka oleh Camat Arut Selatan, Syahrudin pad Kamis (11/7).

Tujuan diadakannya posyandu akbar ini adalah untuk menggalakkan posyandu yang ada di tiap kelurahan yang ada di Kabupaten Kobar, seperti yang diungkapkan oleh dr. Rita wey.

(Baca Juga : Setelah Arsel dan Kumai, Pemkab Kobar Lakukan Rapid Test Massal di Pasar Baru Desa Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng)

“Berdasarkan info yang didapat dari Kader bahwa kurangnya kesadaran dari para orang tua khususnya ibu – ibu dalam memantau kesehatan balita atau anaknya ke posyandu dikarenakan kesibukan ibunya bekerja,” ujarnya.

Mengingat pentingnya peran posyandu ini, pihak Dinkes dan Puskesmas berkoordinasi dengan Kelurahan Raja untuk membuat suatu event Posyandu Akbar agar dapat menarik ibu-ibu untuk membawa anaknya ke Posyandu terdekat.

Dalam event Posyandu Akbar ini, para balita dan anak-anak akan dipantau kesehatannya baik penimbangan berat badan, imunisasi, edukasi dan penyuluhan kepada para ibu tentang pentingnya keberadaan posyandu. Selain itu juga ada lomba balita dengan hadiah dan souvenir yang menarik.

dr. Rita wey juga berharap hal ini dapat menjadi salah satu langkah pembuka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya posyandu sehingga dapat menghidupkan posyandu-posyandu yang ada di Kelurahan Raja.

Hal senada juga diungkapkan oleh Lurah Raja, Rangga Lesmana yang mengharapkan kepada para orang tua untuk rutin memantau kesehatan balita dan anak-anaknya ke posyandu terdekat.

“Jadi jangan pas ada event, baru memeriksakan kesehatan anaknya, tapi berkelanjutan disetiap bulannya,” ujar Rangga.

Kelurahan Raja sendiri memastikan akan terus berikan pelayanan terbaik hingga sampai ke semua lapisan masyarakat. (humas diskominfo kobar)