Pj Bupati Kobar Canangkan Gerakan Gemar Menanam

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Anang Dirjo mencanangkan Gerakan Gemar Menanam. Gerakan ini diharapkan dapat membantu mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran serta sebagai upaya strategis dalam mengendalikan inflasi.

Disela-sela aktivitasnya, pada Selasa (18/4) Pj Bupati menyempatkan diri untuk memantau lahan pertanian di desa Kumpai Batu Atas. Dalam kesempatan ini, Pj Bupati bersama para petani ikut melakukan penanaman tomat sekaligus memanen tanaman cabai keriting di lahan pertanian yang dikelola Riyanto. Pj Bupati juga berdiskusi dengan para petani dan penyuluh pertanian setempat. 

(Baca Juga : Presiden Ingatkan UMKM Ikuti Revolusi 4.0 dengan Jualan Online )

Pj Bupati Anang Dirjo mengatakan bahwa gerakan gemar menanam ini merupakan upaya nyata untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat di Kobar. 

"Melalui gerakan ini, kami berharap masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menanam dan memproduksi pangan secara mandiri, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar daerah," ujar Anang Dirjo.  

Anang Dirjo menambahkan sebelumnya telah mengeluarkan intruksi kepada kepala OPD, camat, lurah, kepala desa untuk melakukan Gerakan Gemar Bertanam dan mendukung gerakan ini dengan memanfaatkan lahan pekarangan kantor untuk menanam sayuran (cabai, tomat, terong, bayam, kangkung) dan tanaman cepat panen lainnya. 

“Melalui gerakan gemar menanam ini saya harapkan menjadi solusi dalam mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran, terutama cabai dan bawang serta upaya strategis dalam mengendalikan inflasi,” imbuhnya. 

Gerakan Gemar Menanam diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan yang luas dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat di Kobar. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan nasional dan mewujudkan kedaulatan pangan. 

Melalui gerakan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mandiri dalam memproduksi pangan dan menjadi agen perubahan yang berperan aktif dalam membangun kehidupan bermasyarakat yang sehat dan berkelanjutan. (rib/prokom setda)