Pimpin Upacara Hari Jadi Kabupaten, Bupati Sampaikan Berbagai Capaian Pembangunan Kobar

Bupati Kobar Hj Nurhidayah memimpin upacara Peringatan HUT ke-61 Kabupaten Kotawaringin Barat yang digelar di halaman kantor Bupati Sabtu (3/10).

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kotawaringin Barat (Kobar) ke-61 bertempat di halaman kantor Bupati Kobar. Peringatan hari jadi yang mengangkat tema “Satu Tekad Menuju Kejayaan” ini menggambarkan visi dan misi pemerintah daerah dalam gerakan membangun Kotawaringin Barat menuju kejayaan dengan kerja nyata dan ikhlas.

Turut hadir dalam kegiatan yang digelar pada Sabtu (3/10) ini Wakil Bupati Kobar, Forkopimda, Kepala SKPD seluruh jajaran pemerintahan, pimpinan instansi vertikal dan pimpinan BUMD, para ahli Waris pendiri Kobar, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda. Di tengah pandemi Covid-19 upacara kali ini dilaksanakan dengan pembatasan jumlah peserta untukmenjaga protokol kesehatan. Upacara diawali dengan pembacaan singkat Kabupaten Kobar yang merupakan menjadi salah satu gerbang wilayah barat Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Pj Bupati Budi Santosa Kukuhkan Anggota Satlinmas se-Kabupaten Kobar)

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan situasi terkini kabupaten Kobar dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat terus berupaya agar penanganan kesehatan dan perbaiak ekonomi masyarakat dapat sama-sama berjalan dengan optimal, karena itu beberapa sektor seperti pariwisata, perhubungan, umkm dan sektor pendukung ekonomi lainnya secara perlahan dibuka, semuanya harus benar-benar beriring dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Bupati Hj Nurhidayah.

Dalam kesempatan ini Hj Nurhidayah juga menyampakan beberapa capaian pada satu tahun terakhir masa pemerintahannya. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus membaik setiap tahun, IPM di Kotawaringin Barat tahun ini masuk kategori tinggi yakni 72,85% atau melebihi target yang ditetapkan RPJMD,” tambah Hj. Nurhidayah.

Pembangunan di sektor kesehatan juga mengalami perbaikan signifikan, salah satunya semakin banyaknya lembaga layanan kesehatan yang teakreditasi.

“Tingkat konektifitas jalan kabupaten juga semakin meningkat yakni mencapai 88.73 %, inovasi berbasis digital juga terus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mempermudah layanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Seperti kita ketahui bersama, lanjut Bupati, pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19, Kobar dan Indonesia secara umum telah mengalami hantaman yang cukup besar. Kesiapsiagaan sektor kesehatan telah diuji, begitu pula pada sektor ekonomi, pendidikan dan sosial.

"Mari kita sama-sama berdoa agar Kotawaringin Barat yang kita cintai dapat segera terbebas dari wabah ini. Kado terbaik yang dapat bapak ibu saudara berikan pada HUT ke 61 Kotawaringin Barat sesungguhnya adalah kepatuhan untuk melaksanakan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," pungkasnya. (prokom kobar)