Petugas Operator SPBU Ikuti Pelatihan Teknik Pemadaman Kebakaran

Personil Damkar di Dampingi Kabid Damkar Menjelaskan Fungsi APAR, Selasa (22/2). (Foto by Frs)

MMC Kobar – Pada Selasa (22/2) sebanyak 30 petugas operator dan petugas keamanan Stasion Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Afrian yang terletak dijalan Ahmad Yani Kelurahan Baru Pangkalan Bun dilatih cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Kepala Bidang Damkar Dwi Agus Suhartono mengatakan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan petugas SPBU baik operator ataupun petugas keamanan dapat memperhatikan dengan sunggu-sungguh dan cermat apa yang disampaikan oleh anggotanya.

(Baca Juga : Inspektorat Kobar Gelar Sosialisasi Penguatan Tata Kelola dan Peningkatan Integritas)

“Sehingga pada saat praktek nanti dapat disimulasikan dengan baik dan benar," ujarnya.

Praktek Pemadaman Menggunakan APAR. (Foto by Frs)

Adapun pelatihan yang diberikan yakni, teori dan praktik penggunaan APAR serta dengan cara tradisional yaitu memadamkan api menggunakan media basah seperti karung/kain basah.

Haryadi Muntaha selaku pemateri dari Bidang Damkar menjelaskan teori dasar api atau segitiga api dan bagaimama cara pemadamannya serta menjelaskan ada berbagai macam jenis APAR sesuai kegunaaannya. Mulai dari jenis Dry Chemical Powder, Foam, co2  Serta tata cara penggunaannya yang baik dan benar.

Setelah diberikan materi dilanjutkan dengan praktek pemadaman menggunakan APAR dan Karung/kain basah dihalaman belakang SPBU.

Agus Suhartono menambahkan, dalam banyak kejadian justru kepanikan yang lebih dominan muncul. Intinya apabila terjadi kebakaran di SPBU, kondisi yang paling penting dijaga oleh para petugas adalah bagaimana untuk tidak panik.

“Dan hal kedua yang paling penting yakni melakukan evakuasi dengan tertib dan teratur. Apabila api sulit ditangani atau dipadamkan, segera menghubungi Petugas Damkar agar dapat meminimalisir kebakaran menjadi besar," tambahnya. (rz/polppdamkarkobar)

Foto Bersama Seluruh Operator SPBU dan Personil Damkar Kobar. (Foto by Frs)