Peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Pemkab Kobar Gelar Renungan Suci di Makam Pahlawan Indra Pura

Danlanud Iskandar Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho saat memimpin mengheningkan cipta pada Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Indra Pura Pangkalan Bun, Rabu (16/8/2023)

MMC Kobar – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke–78 RI, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Indra Pura Pangkalan Bun pukul 23.45 WIB, Rabu (16/8) malam.

Kegiatan ini dihadiri Pj Bupati Budi Santosa, unsur Forkopimda, Plh Sekda Kobar Juni Gultom, para kepala OPD, serta perwira TNI dan Polri.

(Baca Juga : Tingkatkan Produksi Budidaya, Diskan Lakukan Penjajakan Pengembangan Integrasi Sawit Dan Ikan)

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlanud Iskandar Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, S dengan Danup Lettu Sus. Riki Handri Muchlis. Sedangkan untuk susunan pasukan upacara terdiri dari 1 Regu Polres Kobar, 1 Regu Kodim 1014/Pbn, 1 Regu Kompi II Yon B Pelopor, 1 Regu Lanud Iskandar Pangkalan Bun, 1 Regu Satpol PP Kobar dan 1 Regu Anggota Purna Paskibraka Tahun 2022.

Acara dimulai dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, dilanjutkan dengan memberikan penghormatan kepada arwah pahlawan dan dilanjutkan dengan Pembacaan teks Apel Kehormatan serta diakhiri dengan renungan suci oleh inspektur upacara, prosesi itu berisi pengucapan naskah kehormatan dari inspektur upacara.

Pj. Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa bersama unsur Forkopimda Kobar saat mengikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Indra Pura Pangkalan Bun, Rabu (16/8/2023)

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga, Kami berdoa semoga Arwah saudara saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya” Ucap Danlanud Iskandar saat membacakan naskah kehormatan.

Pada saat renungan suci berlangsung, seluruh cahaya lampu dimatikan dan diganti dengan penyalaan obor dan lilin di pusara makam para Pahlawan yang ada Taman Makam Pahlawan Indra Pura Pangkalan Bun. Acara berlangsung dengan khidmat saat mengeningkan cipta, selanjutnya kegiatan Renungan Suci ditutup dengan pembacaan doa dan penghormatan kepada arwah pahlawan.

Kaban Kesbangpol Kobar Edi Faganti menambahkan, kita harus mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan gigih dan pantang menyerah untuk mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI. 

“Kita juga harus meneruskan semangat perjuangan mereka untuk membangun Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera,” ucapnya setelah mengikuti kegiatan.

Adapun Pahlawan yang telah gugur dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Indra Pura Pangkalan Bun berjumlah 52 orang, terdiri dari unsur TNI AD sebanyak 48 orang, Kepolisian sebanyak 2 orang dan TNI AU sebanyak 2 orang. (humas kesbangpol)

Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa bersama unsur Forkopimda Kobar saat memberikan penghormatan kepada arwah Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Indra Pura Pangkalan Bun, Rabu (16/8/2023)