Peringati Hari Anak Nasional, Pemkab Kobar Gelar Berbagai Lomba untuk Anak-Anak

(Foto bersama) - Pj Bupati Kobar, Ketua DPRD Kobar, Kepala SOPD, Forkompimda dan anak-anak peserta lomba Hari Anak Nasional (HAN), Selasa (25/7/2023).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Aula Bupati, Selasa (25/07). Dengan mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, tema ini dianggap sangat sesuai dengan kondisi kekinian yakni anak menjadi korban kekerasan fisik dari orang dewasa, kekerasan seksual dan narkotika yang menimpa anak.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kobar Budi Santosa ini diharapkan dapat menjadi momentum penting strategis dan monumental dalam upaya meningkatkan hak asasi dan kehormatan terhadap anak-anak. 

(Baca Juga : Vaksinasi Dosis ke 2 bagi Pelaku Wisata, Pelaku Ekraf dan Masyarakat Umum)

“Anak-anak inilah sebagai pewaris negeri, dan penentu maju mundurnya negara dan bangsa kita di masa yang akan datang menuju generasi emas,” kata Budi Santosa.

Kepala Dinas P3AP2KB Agus Basrawiyanta saat menyampaikan laporan kegiatan HAN 2023

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kobar Agus Basrawiyanta mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai wahana untuk mensosialisasikan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang juga wahana bermain untuk meningkatkan prestasi, kreativitas dan karya inovatif anak.

“Komitmen dan keterlibatan berbagai pihak sangat diperlukan dalam pemenuhan hak-hak anak sehingga dapat mencegah kekerasan terhadap anak,” ucap Agus Basrawiyanta.

Pada kesempatan yang sama, peringatan HAN diwarnai dengan beragam lomba untuk anak-anak diantaranya lomba menulis untuk umum dengan 64 peserta juga untuk pelajar tingkat SMA/Sederajat dengan peserta 27 orang. Selain itu ada lomba mewarnai untuk anak-anak TK di Kabupaten Kobar dengan peserta 100 orang.

“Dalam peringatan Hari Anak Nasional ini juga ada penerbitan buku hasil karya pilihan dari lomba menulis untuk umum dan pelajar,” pungkas Agus Basrawiyanta mengakhiri laporannya. (dsy/diskominfo kobar)

Pemberian hadiah berupa piagam dan uang kepada juara 1 lomba menuis kategori umum