Percepatan Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus Utama Rakordal Triwulan I Tahun 2021

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan I Tahun Anggaran 2021 secara Luring dan daring yang dilaksanakan di Aula Bappeda pada Selasa (06/04).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi C DPRD, Assisten dan Staf Ahli Setda, Sekretaris DPRD, Kepala SOPD, Camat, Kelompok Tani Sentra Pertanian (TPHP), Kelompok Budidaya Perikanan, Kelompok Sentra Peternakan Rakyat (SPR) dan Kepala BPP di 6 Kecamatan dan di wilayah Kabupaten Kobar.

Rakordal Pelaksanaan Rencana Pembangunan ini digelar berdasarkan amanat Pasal 3 Pemendagri Nomor 86 Tahun 2017, dimana Rakordal merupakan rangkaian tahapan dan penyusunan Rencana Pembangunan Triwulan I Kabupaten Kobar Tahun Anggaran 2021.

Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa rakordal merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis baik ditinjau dari sisi proses manajemen pembangunan itu sendiri maupun output yang dihasilkan sebagai bahan evaluasi kinerja pembangunan.

“Saat ini adalah pemulihan ekonomi yang secara nasional mendapat pukulan yang amat berat sepanjang Tahun 2020, untuk itu diperlukan percepatan pemulihan Ekonimi secara massif. Salah satu Instrumen adalah dengan percepatan di sektor pertanian dalam arti luas, yang mencakup subsektor tanaman pangan,peternakan maupun perikanan,” ungkap Ahmadi.

Dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi daerah, Wabup Ahmadi menyampaikan  beberapa hal penting khususnya kepada Kepala Perangkat Daerah sebagai berikut :

  1. Melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap program kegiatan yang relevan dalam meningkatkan produk domestik bruto (pdrb) baik secara langsung maupun tidak langsung;
  2. Khusus kepada perangkat daerah yang terkait dalam bidang penganggaran dan pembiayaan agar segera menyelesaikan administrasi yang dibutuhkan dalam rangka percepatan kegiatan belanja;
  3. Mendorong terwujudnya koordinasi dan sinergi lintas sektor dalam mendukung pencapaian target program kegiatan secara efektif dan efisien termasuk langkah-langkah adaptasi serta inovasi yang perlu dilakukan dalam kondisi pandemi covid-19 sekarang ini;
  4. Meminta kepada semua peserta agar dapat mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan rakordal hari ini dengan seksama dan berperan aktif mencarikan solusi bagi pemecahan masalah yang dihadapi, sehingga target kemajuan pelaksanaan program kegiatan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi khususnya di daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam akhir sambutannya, Wakil Bupati Kobar Ahmadi berharap dalam rapat koordinasi pengendalian hari ini mampu mendorong tercapainya sasaran program/kegiatan. “Sehingga memberikan output berharga bagi kita semua dalam rangka perbaikan pelaksanaan pembangunan demi terwujudnya masyarakat kotawaringin barat yang adil, aman dan sejahtera,” imbuhnya.

“Saya mengimbau kepada kita semua agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, senantiasa menguatkan kesabaran, meningkatkan kepedulian sosial, bersikap optimis dan senantiasa berikhtiar secara optimal dalam upaya menekan penularan covid-19 sesuai tugas dan peran masing masing,” tutup Wabup Ahmadi. (humas diskominfo kobar)