Penyaluran Fasilitas Bantuan Sarana Pengolahan Cabai dan Bawang Merah di Kumai

Penyerahan Sarana Pengolahan Cabai dan Bawang Merah pada poktan Sekar Tani di Kumai, Selasa (18/8).

MMC Kobar - Selasa (18/08) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar melalui Bidang Hortikultura menyalurkan bantuan Fasilitas sarana pengolahan cabai dan bawang merah kepada Kelompok Tani Sekar Tani. Kelompok yang diketuai oleh Martijah ini beralamat di Desa Sungai Kapitan Kecamatan Kumai. Bantuan ini bersumber dari dana APBN Tahun 2020 pada satuan Kerja Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah.

Bantuan Sarana Pengolahan Bawang/Cabai ini terdiri dari Food Processort, Alat Pemasak (panci), Wajan Besar, Mesing Giling Cabe, aluminium foil, botol plastic, induction sealer, wadah penampungan, kompor gas, regulator dan tabung gas (15Kg), timbangan digital, alat pemotong dan meja stainless .

(Baca Juga : Pj Bupati Budi Santosa Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Panglima Utar)

Kepala Dinas TPHP Kobar melalui Kepala Bidang Hortikultura, Endro Budi Utomo menuturkan bahwa bantuan pemerintah ini bertujuan agar petani dapat menciptakan produk-produk sampingan lainnya dari hasil panennya sehingga dapat menambah penghasilan.

“Kami ingin petani di Kobar ini bisa mendapatkan penghasilan lebih dengan adanya bantuan ini. Misalkan saat cabai/bawang melimpah bisa diolah menjadi makanan ataupun hasil olahan yang lain sehingga bisa menambahkan penghasilan serta meningkatkan semangat petani khususnya petani hortikultura,” ujar Endro.

Endro berharap alat yang diperbantukan tersebut bisa dipergunakan secara optimal dan petani terus semangat untuk memajukan Kabupaten Kobar.

Sementara itu, Ketua Poktan Sekar Tani, Martiyah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Dinas TPHP provinsi maupun kabupaten.

“Kami atas nama kelompok tani Sekar Tani mengucapkan banyak terimakasih kepada dinas terkait. Kami merasa sangat diperhatikan oleh pemerintah dengan adanya pemberian bantuan seperti ini. Kami akan memanfaatkan bantuan ini secara optimal agar kedepan apa yang kami idam-idamkan bisa tercapai,” ucap Martiyah.

Melalui bantuan sarana pengolahan ini diharapkan petani maupun kelompok tani bisa berkreasi ataupun mendapatkan keuntungan lebih dengan mengolah cabai/bawang hasil pertanian mereka sendiri.

Selain itu, dengan adanya bantuan seperti ini diharapkan juga mampu memajukan pertanian hortikultura di Kabupaten Kobar sehingga petani maupun kelompok tani semakin bergairah berkecimpung di dunia pertanian untuk membangun daerah. Maju Terus Petani Kobar. (dinas tphp kobar)