Peningkatan Kompetensi dan Ketrampilan Bagi Pencari Kerja

Kepala Dinas Nakertrans Kab. Kobar Drs. H. Gusti Nur Aini, M.si menyerahkan ATK dan Peralatan PBK secara simbolis kepada peserta pelatihan pada acara pembukaan Pelatihan Kejuruan Teknik Otomotif dan Pelatihan Kejuruan Teknik Las di BLK Kobar, Rabu (7/8). (disnakertrans kobar)

MMC Kobar - Untuk kesekian kalinya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrasn) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yaitu Pelatihan Kejuruan Teknik Otomotif dan Pelatihan Kejuruan Teknik Las.

Kegiatan yang digelar di Aula Disnakertrans pada Rabu (07/08) ini merupakan salah satu program dari Disnakertrans Kobar dan telah dianggarkan padaTahun Anggaran 2019 ini.

(Baca Juga : Sosialisasi E-Kinerja Dinas PUPR Kobar)

PBK merupakan kegiatan yang sudah terjadwal dan terprogram sebagai upaya pemerintah daerah dalam menekan angka pengangguran terbuka, membuka kesempatan masyarakat untuk ikut serta dalam peningkatan kompetensi dan keterampilan dan mengembangkan minat dan bakat yang ada.

Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas (Lattas) Rahmad Trisdijanto, S.Pd, M,Si bahwa dalam upaya menekan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Kobar maka pada tahun 2019 ini Disnakertrans Kabupaten Kobar membuka Pelatihan berbasis Kompetensi dalam mempersiapkan para pencari kerja untuk nantinya menjadi wirausahawan yang diharapkan dapat memulai berwirausaha atau bekerja di dunia usaha dan industri pasca pelatihan.

“Disnakertrans telah menyiapkan PBK bagi pencari kerja sebanyak 366 orang, 126 orang bersumber dari APBD dan 240 orang bersumber dari APBN,” ungkap Rahmad.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kadis Nakertrans Drs. H. Gusti Nur Aini, M.Si mengatakan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam rangka menyiapkan masyarakat agar mempunyai daya saing yang dapat menunjang kehidupannya dapat di upayakan  melalui jalur pendidikan dan pelatihan baik yang diselenggarakan secara formal atau non formal.

“Jadikan Pelatihan ini sebagai wahana untuk pengembangan diri serta guna ke depan lebih baik dan siap menjadi pekerja dan berwirausaha di era milenial ini, awali setiap langkah dalam mengikuti pelatihan ini dengan niat ibadah dan mencari ilmu agar apa yang kita peroleh nanti menjadi berkah dan bermanfaat khususnya bagi diri sendiri dan umumnya bagi daerah Kotawaringin Barat,” ujar Gusti Nur Aini sekaligus menutup sambutannya.

Pelatihan Kerja Mandiri yang berbasis Kompetensi ini dilaksanakan di BLK Kabupaten Kobar, yang terdiri dari Pelatihan Kejuruan Otomotif selama 40 hari pelaksanaan dengan peserta 16 orang dan Kejuruan Teknik Las selama 30 hari pelaksanaan dengan peserta 16 orang, yang berasal dari 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Pangkalan Lada, Kecamatan Kumai dan Kecamatan Arut Selatan. (hernadi/disnakertrans kobar)