Pendidikan Karakter Jadi Fokus Utama Hardiknas 2019 

Foto Bersama - Wabup Kobar, Ahmadi Riansyah beserta Unsur Forkopimda dan Para Pelajar usai mengikuti Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2019 di Halaman Dikbud Kabupaten Kobar, kamis (02/05). (prokom kobar)

MMC Kobar - Pemerintah saat ini mulai mengalihkan sasarannya, dari pembangunan infrasruktur ke pembangunan sumberdaya manusia. Ini menjadikan sektor pendidikan menemukan urgensinya. Hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan akan menghadirkan manusia berkualitas. 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Ahmadi Riansyah ketika menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 yang digelar di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, Kamis (2/5). Dihadiri oleh siswa –siswi dan seluruh tenaga Pengajar (PGRI) se-Kotawaringin Barat, tema Hari Pendidikan kali ini adalah “Menguatkan pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. 

(Baca Juga : Pelajari Kerjasama Dengan Rumah Sakit, Disdukcapil Kobar kunjungi Kabupaten Lamandau)

Pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter yang dimaksud adalah dengan membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta berbudi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

Ahmadi Riansyah yang membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan bahwa dunia pendidikan harus terus bergerak mengikuti keadaan perubahan teknologi  dikarenakan hal ini sangat mempengaruhi cara berpikir, berprilaku dan karakter peserta didik.

Selanjutnya dalam kesempatan hari Pendidikan Nasional, Pemerintah berterima kasih dan memberi penghargaan serta penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik disemua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional. (alfrets mongi/prokom kobar)