Pemkab Sukamara Studi Komparatif e-Kinerja di Kobar

Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Sukamara Chairuddin (kiri) dan Kadis Kominfo Kobar Rody Iskandar (kanan). Rombongan Pejabat dari Pemkab Sukamara melakukan studi komparatif terkait pelaksanaan tunjangan kinerja PNS di Kabupaten Kobar, dimana kunjungan ini diterima oleh beberapa Pejabat dari Pemkab Kobar di Aula Kantor Bupati Kobar, Senin (17/9). (Humas Diskominfo Kobar)

MMC KOBAR - Penerapan aplikasi e-kinerja yang berlangsung pada awal tahun 2018 di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat perhatian dari Pemkab Sukamara. Dimana pada Senin (17/9), rombongan pejabat dan tim teknis dari Pemkab Sukamara yang dipimpin oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Sukamara Chairuddin melakukan studi komparatif ke Pemkab Kobar.

Chairuddin mengatakan, penerapan e-kinerja ini perlu segera dilakukan oleh Pemkab Sukamara untuk meningkatkan reformasi birokrasi, disamping itu berdasarkan dari hasil audit BPK, Sukamara juga direkomendasikan untuk melakukan perubahan terkait kinerja ASN.

(Baca Juga : Bupati Kobar Hadiri Peringatan Maulid Nabi 1442 H di Desa Pangkalan Satu)

“BPK merekomendasikan kami, dimana selama ini, salah satunya uang honor banyak tersebar di SKPD dan banyak personil yang tidak jelas kajiannya, tidak jelas outcome dari honor itu, sehingga direkomendasikan untuk melakukan reformasi birokrasi. Salah satunya menerapkan e-kinerja,” katanya.

Menurut Chairuddin, penerapan e-kinerja di Pemkab Kobar dinilai cukup berhasil dalam meningkatkan kedisiplinan dan kinerja ASN. Karenanya Pemkab Sukamara mengaku sangat tertarik dan ingin mempelajarinya lebih jauh. Terlebih lagi Kobar merupakan kabupaten tetangga, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke daerah lain untuk melakukan studi e-kinerja itu.

“Pemerintah Kabupaten Sukamara, dari beberapa SKPD, Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Kepegawaian, Badan Pengelolaan Keuangan, Dinas Kominfo, RSUD Sukamara, Bagian Hukum, Bagian Organisasi dan Tim IT dari beberapa dinas berkunjung ke Kabupaten Kotawaringin Barat ini, karena ada tujuannya untuk meningkatkan reformasi birokrasi, dimana salah satu didalamnya meningkatkan kinerja dari PNS. Sebelumnya kami dapat informasi bahwa Kotawaringin Barat sudah menerapkan e-kinerja. Kami pikir tidak perlu jauh-jauh untuk mengadakan studi e-kinerja ini,” ujarnya.

Lanjut Chairudin, bahwa setelah melakukan kunjungan ini, pihaknya akan segera melaporkannya ke pimpinan daerah untuk melaksanakan kelanjutan dari pertemuan ini, dan berharap Pemkab Kobar dapat membantu dalam penerapan e-kinerja di Pemkab Sukamara.

“Insya Allah, setelah ini, kami akan laporkan ke pejabat bupati maupun bupati yang terpilih guna penyusunan kesepahaman sekaligus perjanjian kerjasama dengan Pemkab Kobar untuk penerapan e-kinerja di Sukamara. Sukamara sangat antusias untuk segera menerapkan e-kinerja, dan berharap Pemkab Kobar dapat mendampingi, baik dari hardware, software, dan dibantu juga dalam penyusunan peraturannya serta penggunaan teknologinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kobar Rody Iskandar menyambut baik kunjungan studi komparatif e-kinerja dari Pemkab Sukamara. Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi awal kerjasama antara Pemkab Kobar dengan Pemkab Sukamara terkait penerapan e-kinerja.

“Hari ini kita menerima rombongan dari Kabupaten Sukamara dipimpin oleh Asisten I dan beberapa Kepala SKPD dan Tim Teknis, untuk kaji banding masalah e-kinerja, mereka berkeinginan memperlajari TPP yang sudah diaplikasikan oleh Pemkab Kobar. Kita sangat senang, kita juga siap untuk sharing, membagi ilmu apa-apa saja yang bisa dilakukan pendampingan. Memberikan masukan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan, minimal nantinya seperti Kobar, syukur-syukur lebih baik lagi,” pungkasnya. (Humas Diskominfo Kobar)