Pemkab Kobar Ikuti Webinar Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024 Secara Daring

Kepala Kesbangpol Edie Faganti beserta unsur Forkopimda, Kabag Administrasi Pemerintahan Setda, perwakilan Dinas Kominfo, perwakilan parpol dan ormas Kobar mengikuti Webinar Pemilu Serentak Tahun 2024 di Lantai 2 Aula Kantor Bupati Kobar, Rabu (25/1).

MMC Kobar - Dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024, pada Rabu (25/1) Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Webinar dengan tema “Partisipasi Organisasi Kemasyarakatan dalam Pendidikan Pemilih Cerdas Untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024”.

Turut hadir dari Pemkab Kobar antara lain Anggota DPRD Kobar Ade Rido Hadi, perwakilan unsur Forkopimda Kobar, Kabag Pemerintahan Setda Julanda Rifan, Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti, Ketua KPU Kobar Chaidir, perwakilan dari Dinas Kominfo, perwakilan ormas dan parpol kobar, bertempat di lantai 2 Aula Kantor Bupati Kobar.

(Baca Juga : Disnakertrans Kobar Buka Posko Pengaduan THR Tahun 2020)

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Bahtiar dalam sambutannya mengatakan, salah satu aktor penting dalam pemilu adalah masyarakat itu sendiri. Tidak mungkin penyelenggara pemilu dapat menyentuh seluruh masyarakat. Untuk itu diperlukan peran serta ormas untuk mendukung kelancaran dan juga kesuksesan Pemilu 2024 yang akan datang.

“Ini bentuk komitmen kami Ditjen Politik dan PUM Kemendagri melalui Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Kemendagri mendukung kawan-kawan KPU, Bawaslu, dan DKPP bagaimana menghadirkan Pemilu 2024 yang sehat sesuai dengan konstitusi dan sesuai dengan prinsip-prinsip Pemilu yang baik,” tegas Bahtiar.

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar saat memberikan sambutan Webinar Pemilu Serentak Tahun 2024 (25/1)

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti mengatakan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) siap berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu secara serentak pada 2024 mendatang.

"Tentu kita mengikuti arahan dan petunjuk dari Pemerintah Pusat dalam mewujudkan pemilihan yang cerdas pada Pemilu serentak tahun 2024," ucapnya.

Menurutnya, sebagaimana arahan Dirjen Politik dan Pemerintah Umum, pemerintah daerah hendaknya berperan aktif menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak, termasuk organisasi-organisasi kemasyarakatan sebagai perpanjangan tangan dalam menyampaikan informasi seputar Pemilu serentak 2024 nantinya.

Webinar tersebut menghadirkan narasumber dari Anggota KPU RI, M. Afifuddin, Ketua umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, Komisaris Utama Wasita Karya Heru Winarko, Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah M. Izzul Muslimin, Direktur Ormas Kemendagri Risnandar Mahiwa, forkopimda, bupati/walikota, KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta pengurus partai politik dan organisasi se-Indonesia serta undangan lainnya. (humas kesbangpol)