Pemkab Kobar Gelar Rapat Orientasi Penyusunan Dokumen RPD Tahun 2023-2026

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada Selasa (23/11) menggelar Rapat Orientasi Penyusunan Rancangan Pembangunan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023-2026 di aula kantor Bappada. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah serta didampingi oleh Ketua DPRD, Muhammad Rusdi Gozali dan Sekretaris Daerah, Suyanto.

Bupati Hj Nurhidayah dalam sambutannya mengatakan, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sidang Kabinet Paripurna RPJMN tahun 2020-2024 bahwa RPJMN menjadi panduan dan rencana kedepan dalam menuju Indonesia Maju, serta RPJMN juga memuat peta jalan dan pencapaian target yang sudah ditetapkan. Dan berdasarkan rancangan Instruksi Menteri Dalam Negeri, lanjut Bupati, maka pemerintah daerah diminta untuk menyusun dokumen Perencanaan Pembangunan Menengah Daerah Tahun 2023-2026 yang selanjutnya disebut Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Tahun 2023-2026.

“Tema pembangunan Kabupaten Kobar tahun 2023 adalah ‘Akselerasi Ekonomi dan Sumber Daya Lokal, serta Peningkatan Sumber Daya Manusia Menuju Kotawaringin Barat yang Sejahtera dan Mandiri’. Berdasarkan tema pembangunan yang telah ditetapkan, maka perlu disusun prioritas pembangunan daerah, sebagaimana arah dalam kita melakukan pembangunan daerah,” kata Hj Nurhidayah.

Dijelaskan Bupati lebih lanjut, prioritas pembangunan Kabupaten Kobar Tahun 2023 adalah :

  1. peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mewujudkan masyarakat sejahtera, mandiri dan berkesinambungan, dengan mengutamakan pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat pasca pandemi Covid-19, berbasis green growth;
  2. mendorong pemulihan pariwisata dan kemandirian dunia usaha melalui penguatan sumberdaya lokal dan kemudahan berusaha;
  3. mendorong hilirisasi produk unggulan daerah untuk peningkatan nilai tambah produk dan diversifikasi ekonomi yang berbasis kerakyatan;
  4. peningkatan pemerataan infrastruktur untuk mendukung pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat dan daerah.

“Dari prioritas pembangunan tersebut agar tetap memperhatikan kesinambungan pembangunan yaitu sektor pariwisata, pertanian dan infrastruktur,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kobar Joni Gultom dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya Orientasi Penyusunan RPD Kobar Tahun 2023-2026 ini untuk menyamakan persepsi, penyampaian informasi dan tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

“Untuk itu diharapkan semua perangkat daerah dapat memahami mekanisme penyusunan rencana strategis perangkat daerah tahun 2023-2026,” tutur Juni.

Kegiatan ini juga dihadiri unsur Forkopimda, Kepala OPD dan camat se-Kabupaten Kobar. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri pejabat eselon III dan IV secara daring melalui zoom meeting. (diskominfo kobar)