Pemkab Kobar Gelar Lomba Cipta Menu Berbahan Pentol Bakso Daging Sapi

Bupati Kobar Hj Nurhidayah berfoto bersama para pemenang Lomba Cipta Menu Berbahan Pentol Bakso Daging Sapi di Pangkalan Bun Park.

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Hasil Ternak Aneka Masakan Berbahan Pentol Bakso Daging Sapi Se-Kabupaten Kobar, Rabu (27/11) di Pangkalan Bun Park.

Peserta lomba cipta menu ini diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan, Organisasi Kewanitaan, Organisasi Chef, Pelaku Usaha serta Perorangan se-Kabupaten Kobar dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang. Kegiatan lomba cipta menu dan sosialiasi kesehatan pangan dilaksanakan berdasarkan, SK Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kobar Nomor 900.91/1520/PKH.4, tanggal 7 Oktober 2019 tentang penunjukan panitia pelaksana,narasumber, tim juri dan peserta lomba cipta menu .

(Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Pj. Bupati Menghimbau Masyarakat Jaga Lingkungan)

Dalam laporannya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kobar yang di sampaikan oleh Kabid Pembibitan dan Produksi Ternak mengatakan, kegiatan seperti ini tidak hanya satu rangkaian kegiatan seremonial belaka, lebih dari itu, event seperti ini setidaknya dapat dijadikan momentum untuk mengoptimalisasi dan meningkatkan pola konsumsi masyarakat guna pembentukan generasi kita yang lebih sehat, dinamis dan cerdas, dengan berorientasi pada pemanfaatan produksi hasil peternakan yang berasal dari sumberdaya lokal yang kita punyai, seperti sapi.

Kemudian mendorong percepatan penganekaragaman olahan pentol bakso berbahan daging sapi dengan memasyarakatan keluarga untuk mengkonsumsi. Dan mendorong kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan olahan pangan yang bernilai tinggi.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kobar juga menjelaskan, dewan juri yang  sudah ditetapkan sejumlah tiga orang yaitu, dari Dinas Kesehatan selaku Ahli Gizi, dari Faperta Untama mewakili Akademisi dan Tata Boga Indonesia dari Executiv Chef Arsela Hotel.

Untuk menjadikan daging sapi sebagai menu sehari-hari tentunya dibutuhkan kreativitas, agar pentol daging sapi yang kita konsumsi, dilihat dari pendekatan gizi, setidak memenuhi standar dan norma angka kecukupan gizi, higinis. Di lihat dari sudut pandang rasa, kemampuan untuk mengolah daging sapi menjadi menu makanan yang enak sangat dibutuhkan. Melalui kegiatan lomba menu berbahan dasar daging sapi, mudah-mudahan dapat dijadikan wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa pentol daging sapi menjadi lebih baik.

Salah satu peserta Lomba yakni Ibu Fathin pemilik usaha Bakso “Momy Fathin” menyampaikan “Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan dapat menjadi ajang kompetisi selain juga menjalin silaturahmi memper erat antar pelaku usaha dan organisasi yang mengikuti lomba”.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan apresiasi kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang telah secara konsisten melaksanakan kegiatan ini. Bupati Kotawaringin Barat juga berharap agar kegiatan ini pada tahun 2020 dapat dilaksanakan dengan pola Pesta Rakyat dengan memanfaatkan Komplek Perkantoran Bupati di Jalan Sutan Syahrir sebagai lokasi acara Lomba Cipta Menu Olahan Hasil Peternakan, dimana hal ini dirangkai dalam kalender event dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kobar.

“Kegiatan ini positif tidak hanya bagi peserta namun juga masyarakat luas dimana peluang usaha pengolahan hasil produksi peternakan menjajikan dan dapat menjadi usaha alternatif bagi siap saja yang mau,” pungkas Hj Nurhidayah. (dpkh kobar)