Pelayanan Pembayaran Pajak Semakin Efektif, Efisien dan Transparan

Bupati Kobar, Hj. Nurhidayah, SH, MH, usai melakukan pembayaran PBB dan mengajak seluruh masyarakat Kobar untuk memenuhi kewajiban membayar pajak pada acara Pekan Panutan Pembayaran Pajak PBB Sektoral Perdesaan dan Perkotaan di Taman Kota Bundaran Pacasila, Rabu (10/04/2019). (prokom kobar)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melaksanakan kegiatan Pekan Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019. Kegiatan yang digelar di kompleks Taman Kota Pangkalan Bun pada Rabu (10/4/2019) ini dihadiri hampir seluruh lapisan masyarakat di Kobar, mulai dari Bupati, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, kepala SOPD, para aparatur pemerintah dan masyarakat.

Tujuan dilaksanakan kegiatan PBB-P2 tahun 2019 ini adalah untuk memberitahukan, mengingatkan serta memberikan kesempatan kepada segenap wajib pajak tentang kewajibannya.

(Baca Juga : Rapat Kerja Bapenda bersama DPRD Kobar Bahas Evaluasi ZNT BPHTB)

Pada kesempatan ini Bupati Kobar Hj. Nurhidayah S.H.,M.H., mengungkapkan komitmen pemerintah daerah untuk mendorong Kobar ke arah yang semakin maju, sejahtera di dalam segala bidang. Untuk mewujudkan itu, salah satu faktor pendukungnya adalah ketersediaannya anggaran pembangunan yang memadai.

“Dana dari pusat tentu saja sangat terbatas, karena itulah dibutuhkan kemandirian daerah dengan cara membentuk rasio anggaran asli daerah yang semakin besar dalam struktur APBD,” kata Hj. Nurhidayah.

Berangkat dari tantangan ini, Hj. Nurhidayah mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap pembangunan, salah satunya dengan taat dalam membayar pajak. Secara khusus Hj. Nurhidayah menyoroti kontribusi pajak dari sektor usaha seperti sarang burung walet, tambang galian C, reklame dan jenis usaha lainnya. Seiring perkembangan teknologi digital, berbagai upaya untuk melayani dengan lebih cepat dan efisien juga dilakukan oleh pemerintah dengan cara.

“Pemkab Kobar terus mendorong perbaikan layanan secara efektif, efisien dan transparan melalui pemanfaatan teknologi informasi,” lanjut Hj. Nurhidayah. Dalam hal pelayanan pembayaran saat ini Pemkab Kobar telah menjalin kerjasama dengan Bank-Bank Persepsi sehingga para wajib pajak bisa melakukan pembayaran ke bank atau bisa melalui transaksi elekronik bekerja sama dengan Bank Persepsi pada pelayanan ATM, aplikasi mobile banking, SMS Banking. (alfrets mongi/prokom kobar)