Peduli Kemanusiaan, Diskan Kobar Kembali Gelar Kegiatan Donor Darah

Salah seorang ASN Diskan Kobar tengah melakukan donor darah pada kegiatan donor darah yang kembali digelar Diskan, Jum'at (2/8). (diskan kobar)

MMC Kobar- Dinas Perikanan dan PMI Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali melaksanakan kegiatan donor darah dikantor Dinas Perikanan, Jum’at (2/8), setelah kegiatan perdana donor darah yang dilaksanakan pada bulan Mei 2019. 

Kegiatan donor darah Dinas Perikanan akan terus dilaksanakan secara periodik setiap 3 bulan sekali. Hal ini sebagai salah satu wujud kepedulian Dinas Perikanan terhadap kegiatan kemanusiaan di Kabupaten Kotawaringin Barat dalam rangka penyediaan stock darah di Bank Darah PMI Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Respon Cepat Karhutla, BPBD Kobar Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Teluk Bogam)

Kepala Dinas Perikanan, Ir. Rusliansyah, M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda rutin.

“Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap program Bupati Kobar dalam rangka memberikan pelayanan bagi masyarakat terutama bagi yang membutuhkan darah,” imbuhnya.

Pada kegiatan donor darah kali ini telah terhimpun sebanyak 12 kantong darah dengan 11 orang calon pendonor darah tidak memenuhi syarat untuk menjadi pendonor darah. 

Menurut Kepala UPTD Unit Transfusi darah Pemkab Kobar, dr. Abimanyu melalui pelaksana lapangan mengatakan bahwa ada beberapa syarat bagi calon pendonor antara lain berat badan > 50, tensi darah normal tidak rendah/tinggi, HB lebih dari 12, tidak sedang haid (setelah 7 hari baru bisa donor), wanita tidak sedang hamil/menyusui, tidak sedang minum obat kecuali obat/pil KB. (manis&razak/diskan kobar)