Panen OPAL, DKP Kobar Kembali Salurkan ke Relawan Dapur Umum

Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti pada saat menyerahkan Panen OPAL kepada Relawan Dapur Umum Tepi Arut, Kamis (16/4).

MMC Kobar- Kepala Dinas (Kadis) Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) Ir. Kris Budi Hastuti mengawali hari kerja pertamanya melakukan kegiatan pemanenan OPAL (Obor Pangan Lestari) dengan berbagai hasil panen Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT)  didampingi oleh Sekretaris dan Kepala Bidang serta Aparatur Sipil Negara (ASN) DKP Kobar, Kamis (16/4).

Berbagai macam komoditas PSAT panen OPAL seperti sawi hijau, sawi putih, terong, tomat dan cabe dengan teknik penanaman sistem Hidroponik dan media polybag ini akan disalurkan kepada Relawan Dapur Umum kegiatan Percepatan Penanganan COVID-19 di Warung Tepi Arut Gang Remaja, Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan.

(Baca Juga : Tim TPP Kalteng Berkah, Siap Kawal Pembangunan Infrastruktur Strategis Kobar)

Pada kesempatan ini Kadis DKP Kobar berharap dengan bantuan yang diberikan untuk kedua kalinya ini bermanfaat dan dapat meringankan beban relawan dapur umum dalam menyediakan sumber pangan yang bergizi dan nutrisi yang seimbang bagi tenaga medis dan relawan Covid-19.

“Melalui OPAL yang dikelola di halaman DKP Kobar adalah wujud dari kebijakan dan tanggung jawab dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2019 tentang Obor Pangan Lestari bahwa selain sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi akan tetapi juga sebagai upaya penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat,” tutur Kris Budi Hastuti.

“Panen OPAL yang kami laksanakan hari ini adalah wujud dari komitmen DKP Kobar sebagai sumber penghasil PSAT dan pemenuhan gizi, terlebih dengan kondisi sekarang dimana seluruh Indonesia tengah berjuang memerangi dan mencegah penyebaran COVID-19,” ujarnya. (dkp Kobar)