Panen Cabai dan Bawang Merah, Pj Bupati Kobar Apresiasi Petani di Desa Kubu dan Sebuai Timur

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo beserta unsur Forkopimda usai memanen cabai di lahan seluas 0,5 hektar di Desa Kubu Kecamatan Kumai, Selasa (10/1/2023).

MMC Kobar – Pj Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) memberikan apresiasi kepada petani di Desa Kubu dan Sebuai Timur atas kontribusinya dalam meningkatkan produksi dan produktivitas cabai dan bawang merah. Hal ini disampaikan Pj Bupati Anang Dirjo saat menghadiri Panen Cabai dan Bawang Merah di Desa Kubu dan Sebuai Timur Kecamatan Kumai, Selasa (10/1). 

“Selamat kepada para petani di Desa Kubu dan Desa Sabuai Timur ini yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi dan produktivitas cabai dan bawang merah di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ucap Anang Dirjo.

(Baca Juga : Bentuk Tim Media Dukcapil, Manfaatkan Medsos Sebagai Sarana Promosi Sadar Adminduk)

Pj Bupati menyambut baik dan bersyukur kepada Allah SWT dengan diselenggarakannya panen ini. Karena seperti diketahui, saat ini masih dalam situasi sedang tidak baik-baik saja dikarenakan Kabupaten Kobar baru saja mengalami musibah banjir dan inflasi ekonomi secara nasional akibat dampak kenaikan BBM.

Pj Bupati mengungkapkan, dalam upaya mendukung peningkatan produksi hortikultura di Kabupaten Kobar, pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah memberikan bantuan sarana dan prasarana produksi hortikultura seperti sayur-sayuran, khususnya cabai dan bawang merah yang tersebar di enam kecamatan.

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo beserta unsur Forkopimda usai memanen bawang merah di lahan seluas 0,3 hektar di Desa Sebuai Timur Kecamatan Kumai, Selasa (10/1/2023).

“Dengan adanya bantuan benih tersebut diharapkan terjadi peningkatan produktivitas dan produksi cabai dan bawang merah di Kabupaten Kotawaringin Barat. Sehingga sasaran produksi yang telah ditetapkan dapat tercapai, sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Kobar Kris Budi Hastuti menjelaskan, luas tanaman cabai yang dipanen sebesar 0,5 hektar dengan varitas Madun. Sedangkan luas lahan tanaman bawang yang dipanen pada saat ini adalah 0,3 hektar varitas super Philip.

“Dan berikutnya juga akan panen hingga menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri,” tutur Kris.

“Kegiatan ini diharapkan akan berdampak positif terhadap peningkatan produksi cabai dan bawang merah kita,sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda, Plt Sekda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kepala Dinas Kominfo, Kasatpol PP dan Damkar, Camat Kumai, Kades Kubu, Kades Sebuai Timur, koordinator BPP dan kelompok tani/gapoktan kecamatan Kumai. (fnd/diskominfo kobar)