Momen Angkutan Lebaran 2023, Penumpang Padati Terminal Natai Suka Pangkalan Bun

Kondisi penumpang pada angkutan lebaran tahun 2023 diterminal Natai Suka Pangkalan Bun, Jumat (21/04) - dishub kobar

MMC Kobar - Koordinator pengawas dan pelayanan Terminal Natai Suka Pangkalan Bun, Syamsul Qomar pada Selasa (9/05) melaporkan sebanyak 3.548 orang pemudik selama angkutan lebaran tahun 2023 tiba di terminal yang datang dari berbagai daerah.

“Mulai tanggal 12 April 2023 hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1444 H, ada sebanyak 3.548 orang penumpang yang tiba dari Palangkaraya, Sampit, hingga Banjarmasin dan Pontianak dengan menggunakan angkutan darat yakni Bus. Tercatat 3.548 orang penumpang tersebut tiba dengan menggunakan 129 unit Bus baik itu Damri, Yessoe, Logos, maupun Agung Mulia,” ungkap Qomar.

(Baca Juga : Ikuti Rakornas, Badan Kesbangpol Kobar Dukung Implementasi GNRM pada ASN)

Lebih lanjut Qomar menyampaikan, selain penumpang yang tiba atau datang, juga tercatat penumpang yang berangkat dari Terminal Natai Suka Pangkalan Bun selama masa angkutan lebaran tahun 2023 dari tanggal 12 April 2023 hingga H-1. “Ada sebanyak 3.329 orang penumpang yang berangkat dengan menggunakan 126 unit Bus,” jelasnya.

Aktivitas penumpang saat H-1 angkutan lebaran tahun 2023 diterminal Natai Suka Pangkalan Bun, Jumat (21/04) - dishub kobar

Pada kegiatan pelayanan angkutan lebaran tahun 2023 di Terminal Natai Suka, turut serta personel dari Kepolisian, TNI, dan Tenaga Kesehatan. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pengawasan dan pelayanan guna mendukung kelancaran angkutan lebaran melalui moda angkutan darat.

“Untuk mendukung kelancaran angkutan lebaran moda transportasi darat, sebelumnya pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Satlantas Polres Kobar telah melakukan Ramp Check Kendaraan Angkutan Penumpang,” ujar Qomar.

Selain itu, Qomar menjelaskan bahwa pihaknya bersama Tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan (Kobar) dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) juga melakukan pengecekan kesehatan dan tes urine mengidentifikasi kandungan narkoba untuk awak kendaraan guna mengetahui kondisi sopir dan crew. (vgs/dishubkobar)

Pengecekan kesehatan dan urine awak kendaraan oleh Tenaga Kesehatan Dinkes Kobar dan BNNK Kobar, Kamis (20/04) - dishub kobar