Menkominfo: Indonesia Siap Jadi Negara Pelaku Ekonomi Digital Terbesar

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, hingga kini instansinya masih gencar melakukan sosialisasi serta pengenalan mengenai masa depan ekonomi digital kepada masyarakat.

Upaya itu, ucap Menteri Rudiantara, guna memajukan ekonomi digital di Indonesia dan mempersiapkan masyarakat yang mampu memanfaatkaannya.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Akan Segera Terapkan Administrasi Persuratan Maya)

Melalui program tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengawal serta memperkuat ekonomi digital di Tanah Air sebab potensi pasar yang dimiliki Indonesia dan akan mampu meningkatkan perekonomian nasional.

Menteri Rudiantara menjelaskan, tujuan memajukan ekonomi digital di Indonesia turut menyasar aktivitas pelaku bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Potensi industri ekonomi digital kita harapkan untuk terus dikembangkan. UMKM juga harus didukung agar kekuatan ekonomi Indonesia tahun 2020 semakin mendunia, terutama di Asia Tenggara," ujar Menteri Rudiantara , di kantor PSI, di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Terkait dengan usaha memajukan ekonomi digital, Menteri Rudiantara mengemukakan, hal itu telah berdasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik atau dikenal roadmap e-commerce.

"Roadmap e-commerce menjadi bagian dari paket kebijakan ekonomi yang mencakup program konsumen, perpajakan, keamanan siber, infrastruktur komunikasi serta pendidikan dan sumber daya manusia," ucap Menteri Rudiantara.

Dengan telah adanya regulasi maupun sosialisasi kepada masyarakat, Menteri Rudiantara berharap, target Indonesia menjadi negara yang memafaatkan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan capaian valuasi transaksi USD 130 juta pada tahun 2020 dapat terealisasi. 

"Pemerintah telah melakukan langkah menumbuhkan sekitar 1000 teknopreneur pada tahun 2020. Jadi fokus pemerintah saat ini adalah bagaimana melakukan akselerasi," ujar Menteri Rudiantara.

Sebagai informasi, sejak dua tahun lalu Kemenkominfo telah menggagas Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Selain itu, Kemenkominfo tahun ini juga menggandeng lima perguruan tinggi negeri terkemuka guna melakukan program beasiswa Digital Talent.

Indonesia juga tercatat kini mempunyai  empat perusahaan ekonomi digital yang telah bergelar unicorn yaitu Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. Unicorn adalah gelar yang diberikan kepada perusahaan start up dengan nilai valuasi telah di atas USD 1 miliar. **