Manfaatkan Embung, Bupati Kobar Dorong Kemitraan Budidaya Ikan

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menebar bibit ikan di taman rekreasi Rauk Naga desa Pasir Panjang.

MMC Kobar – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah memimpin penebaran bibit ikan di taman rekreasi Rauk Naga desa Pasir Panjang. Penebaran bibit ikan pada Rabu (11/6) ini merupakan bagian dari gerakan pemanfaatan embung melalui budidaya ikan keramba jaring. Ada sejumlah 78.500 ekor bibit ikan yang terdiri dari jenis nila, lele, emas serta patin dan ditebar di 10 buah jaring keramba.

Kepala Dinas PUPR, Juni Gultom mengatakan jika kegiatan penebaran benih ikan ini mengawali program kemitraan pemerintah daerah dengan sektor swasta dan masyarakat.

(Baca Juga : Pelajari Pegurusan Adminduk Online, DPRD dan Disdukcapil Kobar Kunjungi Surabaya)

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan dari Bupati untuk menggalakkan program ketahanan pangan keluarga, khususnya menghadapi kondisi pandemi seperti sekarang ini,” kata Juni.

Dinas PUPR membentuk kemitraan dengan dinas terkait serta sektor swasta untuk memanfaatkan embung yang dibangun bagi kesejahteraan masyarakat. Juni menambahkan jika pola yang sama juga bisa diterapkan di wilayah-wilayah lain demi kemanfaatan bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengaparesiasi pelaksanaan program ini. “Saya meyambut baik pemanfaatan embung atau kolam air sebagai tempat pengelolaan budidaya ikan bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah menambahkan jika pemanfaatan embung atau kolam air ini adalah salah satu peluang yang baik bagi masyarakat.

“Harapan kita kegiatan ini ke depan dapat respon positif baik itu dari para pengusaha maupun masyarakat yang tergabung dalam kelompok-kelompok tani demi kemanfaatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” lanjut Hj Nurhidayah. (prokom kobar)