Launching Kelurahan Madurejo Sebagai Salah satu Kelurahan Menuju Layak Anak

Kepala Dinas P3AP2KB, Drs. Abdul Wahab didampingi Lurah Madurejo, Sigit Imam Mulya, Perwakilan dari Polsek Arsel dan Kabid Pertumbuhan Anak Dinas P3AP2KB melaunching Kelurahan Madurejo Menuju Kelurahan Layak Anak di balai Kelurahan Madurejo, Rabu (10/7). (dp3ap2 kb kobar)

MMC Kobar- Dinas P3AP2KB Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Lunching Kelurahan Madurejo sebagai salah satu Kelurahan Menuju Layak Anak dan Sosialisasi serta Pembekalan Kelurahan Layak Anak (KLA) 2019 di Balai Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan pada Rabu (10/7). Kota/Kabupaten Layak Anak adalah salah satu program dan komitmen Pemerintah Indonesia dalam menghormati dan memenuhi hak anak.

Komitmen ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 B (2), dan operasionalnya pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Untuk mentransformasikan hak anak ke dalam proses pembangunan, pemerintah mengembangkan kebijakan Kota Layak Anak.

(Baca Juga : Dishub bersama Satlantas Polres dan BNNK Kobar Gelar Ramp Check dan Tes Urine)

Pemerintah menghimbau kepada SKPD yang membidangi Perlindungan Anak di masing-masing daerah agar dapat membentuk Desa/Kelurahan Layak Anak, Sekolah Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak yang pada akhirnya dapat mewujudkan pada Kab/Kota Layak Anak.

Untuk pemenuhan indikator-indikator Kabupaten Layak Anak, Pemkab Kobar membentuk 3 Desa/Keluarahan Menuju Layak Anak yaitu Desa Natai Raya Kecamatan Arut Selatan, Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai dan Desa Purbosari Kecamatan pangkalan lada.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas P3AP2KB Drs. Abdul Wahab mengharapkan dengan diluncurkannya Kelurahan Madurejo sebagai salah satu Kelurahan Menuju Layak Anak agar Kelurahan Madurejo segera mungkin dapat melaksanakan indikator-indikator tentang KLA, membantu melaksanakan pemenuhan hak anak, terbebas dari Anak yang salah langka, salah pergaulan, agar anak-anak tidak melakukan seks bebas, terbebas dari pengaruh minuman keras, dan terbebas dari pengaruh napsa.

"Agar anak-anak yang tinggal di Kelurahan Madurejo terpenuhi hak-hak nya dalam pendidikan, dan kesehatan serta dapat merasakan hidup nyaman, tenang sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal,” lanjut Wahab.

Selain mengundang 40 orang peserta Sosialisasi dan Pembekalan KLA yang berasal dari Ketua TP PKK Desa Madurejo, Tokoh Agama, Kepala Sekolah SD, para kader PKK Madurejo, Posyandu Madurejo, dan Masyarakat, turut hadir pula dalam kegiatan ini Lurah Madurejo Sigit Imam Mulya, Kabid Dra. Eny Pudjirahayu, Perwakilan dari Polsek Arut Selatan, Pandi. (dhe/dp3ap2kb kobar)