Lakukan Pengawasan Sektor Perekonomian, Pj Bupati Budi Santosa Kunjungi Pasar Indrasari 

Pj Bupati Budi Santosa tengah berdialog dengan salah satu pedagang ayam di Pasar Indrasari Kelurahan Baru, Selasa (30/5/2023)

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa bersama dengan sejumlah pejabat terkait melakukan monitoring di pasar Indrasari, yang terletak di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Selasa (30/5).

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara langsung aktivitas perekonomian masyarakat di pasar tersebut. Pj Bupati didampingi beberpa pejabat terkait berkeliling pasar dan berinteraksi dengan para pedagang serta pengunjung pasar.

(Baca Juga : Pohon Aren Di Kotawaringin Hulu Hasilkan Nira Kualitas Terbaik)

Salah satu fokus utama dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui harga beberapa kebutuhan pokok, seperti ayam, telur, dan daging. Pj Bupati secara langsung bertanya kepada para pedagang mengenai harga-harga tersebut, dengan tujuan memahami kondisi pasar dan mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin terjadi. 

Alhamdulilah harga telur, daging dan ayam relatif stabil sebenarnya, Cuma yang dikeluhkan para pedagang adalah jumlah pembeli yang agak sepi. Kalau agak sepi pembeli bisa jadi akan mempengaruhi perekonomian kita secara makro,” kata Budi Santosa. 

Budi Santosa menambahkan, sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk menjaga stabilitas harga. “Kita harus memperhatikan distribusi beberapa komoditi pokok seperti daging, telur atau ayam agar selalu lancar demi menjaga stabilitas harga,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Budi Santosa juga mengingatkan semua pihak untuk sama-sama menjaga kondisi pasar, baik itu penataan dan kebersihan. “Kita harapkan kita sama-sama memperhatikan lingkungan pasar, agar aktivitas jual beli bisa berjalan dengan nyaman,” ujarnya. 

Budi meyakini pasar merupakan salah satu indikator penting dalam menilai perekonomian masyarakat. Melalui kegiatan monitoring ini, diharapkan dapat pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi pasar dan kebutuhan masyarakat sehari-hari. 

Selama kunjungan, Pj Bupati Budi Santosa juga memberikan kesempatan kepada pedagang dan pengunjung untuk menyampaikan aspirasi dan masukan terkait permasalahan yang mereka hadapi dalam menjalankan usaha. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan perhatian yang lebih kepada para pelaku usaha lokal dan mendengarkan kebutuhan mereka.

Kegiatan monitoring di pasar Indrasari ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Kobar untuk meningkatkan pengawasan dan mengoptimalkan sektor perekonomian di wilayah tersebut. Diharapkan, langkah-langkah yang diambil oleh Pj Bupati dan jajarannya akan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Kobar. (rib/prokom setda)