Kunjungi Desa Panahan, Pj Bupati Menyandau Durian bersama Masyarakat

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa mengunjungi Desa Panahan Kecamatan Arut Utara, Minggu (4/6). Kehadiran Pj Bupati untuk menyandau durian. Menyandau ialah aktivitas memanen atau menunggu buah durian jatuh di kebun atau hutan. 

Seperti diketahui, bahwa beberapa desa di kecamatan Arut Utara terkenal memiliki potensi kekayaan alam dan hasil buah hutannya. Salah satunya ialah buah durian yang sangat digemari oleh masyarakat. 

(Baca Juga : Sepuluh BUMDesa di 2 Kecamatan Ikuti Pelatihan Pengelolaan BUMDesa)

Didampingi Plh Sekda, beberapa kepala dinas, camat serta perangkat desa setempat, Pj Bupati sangat menikmati pengalaman pertama melaksanakan menyandau bersama masyarakat pada. 

“Ini adalah pengalaman baru bagi saya, dan ini menjadi pengalaman berharga, bagaimana menikmati buah durian yang langsung dari kebun masyarakat,” kata Budi Santosa. 

Budi berharap, kegiatan Menyandau Durian ini nantinya dikemas lebih baik lagi, mengingat buah durian selain bisa menjadi komoditas. kegiatan menyandau juga memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang sarat dengan makna. 

Menyandau ini menjadi budaya masyarakat yang harus dilestarikan, tidak hanya di sisi perdagangan memandang durian sebagai sebatas komoditas, namun juga bisa menjadi atraksi pariwisata, dan kedepan harus dikemas lebih baik lagi didukung oleh seluruh stakeholder yang ada,” ungkap Budi Santosa. 

“Kita lihat tadi bagaimana seluruh warga desa berkumpul di wilayah hutan, saling berinteraksi dan masing-masing tidak saling mengambil buah durian yang bukan menjadi hak nya. Ini adalah kearifan lokal dan bisa menjadi pesan yang kuat buat kita semua,” tambahnya. 

Budi Santosa juga menilai kegiatan menyandau juga menjadi wadah untuk memperkenalkan budaya dan kekayaan alam desa Panahan kepada pengunjung yang datang. (rib/prokom setda)