Kobar Juara Lomba  Cipta Menu B2SA Pada Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Provinsi

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kobar, Ir. Ida Pandanwangi (paling kanan) mewakili tim saat menerima penghargaan juara LCM B2SA di Palangka Raya. (dinas tphp kobar)

MMC Kobar - Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ke-39 yang bertema “Mengangkat Potensi Pangan Lokal Dengan Teknologi Untuk Berdaulat Pangan Menuju Kalteng Berkah” diselenggarakan pada Sabtu (31/8) di Palangka Raya.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri diikuti oleh 14 kabupaten/kota di Kalteng. Peringatan HPS dilaksanakan di Gedung Dekrasnada Palangka Raya, dan pada minggu paginya dilanjutkan dengan Gelar Pangan Lokal yang menampilkan masakan/kudapan khas daerah peserta masing-masing di area Car Free Day,depan Istana Isen Mulang Bundaran Besar Palangka Raya.

(Baca Juga : KUD Tani Subur Raih Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional 2019)

Pada Peringatan HPS ke -39 Tingkat Provinsi Kalteng yang pelaksanaannya bersamaan dengan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman), Tim PKK Kobar yang diwakili oleh Tim PKK Arut Selatan berhasil menjadi Juara 1. Kemudian selanjutnya Tim PKK Arut Selatan akan mewakili Provinsi Kalteng untuk mengikuti HPS Tingkat Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara pada Oktober mendatang.

Dinas TPHP Kabupaten Kobar ikut berpartisipasi bersama Dinas Ketahanan Pangan (leading sector ) dan Dinas Perikanan serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPHP Kabupaten Kobar, Iskandar, yang ikut menghadiri kegiatan tersebut menjelaskan kegiatan-kegiatan HPS yang diikuti antara lain pameran produk-produk dan Lomba Cipta Menu B2SA yang menyajikan bubur sorgum, coto manggala dan lapat manggala serta snack berupa torakur (tomat rasa kurma),keripik singkong, keripik tempe dan keripik pisang sebagai makanan khas Kotawaringin Barat.

“Kabupaten Kobar juga menampilkan produk-produk dan membagikan coto menggala gratis kepada para pengunjung pada gelar pangan local di car free day,” ungkap Iskandar.

Pada kesempatan itu juga Gubernur Kalteng, Sugianto Sabaran menyampaikan pesan kepada masyarakat agar membiasakan diri mengkonsumsi makanan B2SA sekaligus mengajak lingkungan sekitar untuk menanam sayur-sayuran di lingkungan rumah masing-masing.

“Sehingga tercipta kemandirian pangan ditingkat keluarga hingga tingkat Provinsi Kalteng dan meningkatkan keragaman produksi pangan di Kalteng,” kata Gubernur Kalteng (nunik/dtphp kobar)