Jelang Idul Fitri, Tim Yustsi Satgas Covid-19 Kecamatan Pangkalan Banteng Tingkatkan Penertiban Penerapan Prokes

MMC Kobar - Tim Yustisi Satgas Covid-19 yang terdiri dari personel Polsek, Koramil dan personil Kantor Kecamatan Pangkalan Banteng semakin intens meningkatkan penertiban penerapan Protokol Kesehatan di beberapa titik sentra ekonomi di wilayah desa Karang mulya Kecamatan Pangkalan Banteng pada Sabtu (1/5). Tim juga bahu membahu tanpa lelah melaksanakan kegiatan penertiban 7 hari kerja dalam seminggu.

Tim Yustisi Satgas Covid-19 menyisir setiap toko yang beroperasional siang hari, khususnya yang menjual kebutuhan Pokok di sepanjang jalan Ahmad Yani Km 68 Desa Karang Mulya. Tak luput juga pasar-pasar yang ada di desa tersebut yakni Pasar Baru dan Pasar Lama, mendekati lebaran H-12 terlihat animo masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hari-hari semakin meningkat di dua pasar desa tersebut, sehingga butuh tenaga ekstra dalam melaksanakan penertiban Protokol kesehatan ini.

Camat Pangkalan Banteng, M. Nursyah Ikhsan, mewajibkan setiap ASN di lingkungan Kantor Camat Pangkalan Banteng mengikuti kegiatan penegakan prokes secara terjadwal, agar selalu siap men-support personel Koramil dan Polsek dalam pelaksanaan kegiatan penertiban. Menurut Ikhsan, penegakan prokes perlu dilaksanakan lebih intens agar masyarakat lebih disiplin dan tertib menggunakan masker serta penyediaan alat cuci tangan di tempat usaha mereka. 

"Menurut kami ini adalah hal yang realitis saat ini untuk menekan penyebaran Covid-19 menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 H. Meskipun beberapa hari kemarin Kecamatan Pangkalan Banteng sempat masuk Zona Hijau, hari ini sudah ada penambahan kembali suspek positif Covid-19 sejumlah 9 orang hasil treking tim kesehatan Kecamatan Pangkalan Banteng," ungkap Ikhsan.

"Dibutuhkan kerjasama dan komitmen semua lini baik personil Satgas Covid-19 tingkat kecamatan maupun aparatur pemerintahan desa agar pencegahan penularan wabah Corona ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi Prototol Kesehatan, sehingga wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng khususnya dapat terbebas dari wabah ini dan berdampak posistif untuk wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat pada umumnya,” tambahnya. (kec-pangkalan banteng)