Jelang Idul Adha, Pemkab Kobar Gelar Pasar Khusus Hewan Qurban Di Desa Pandu Senjaya          

Kadis PKH, Ir. Ida Pandanwangi bersama Kadis Perindagkop UKM Drs. Muhammad Yadi dan Panitia Pasar Hewan Qurban usai meninjau lokasi Pasar Sayangan di Desa Pandu Sanjaya. (dpkh kobar)

MMC Kobar - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) akan menggelar kegiatan Pasar Hewan Qurban di Pasar Sayangan Desa Pandu Senjaya Kecamatan Pangkalan Lada.

Ditetapkannya Pasar Sayangan sebagai lokasi Pasar Hewan Qurban sesuai dengan arahan Bupati Kobar yang menginginkan agar pelaksanaan Pasar Khusus Hewan Qurban tahun 2019 di wilayah Pangkalan Lada.

(Baca Juga : Gladi Bersih Persiapan Upacara HUT RI ke-73 di Kobar)

Pasar Hewan Qurban in akan mulai dibuka secara resmi oleh Bupati Kobar pada hari Sabtu (3/8) dan dilaksanakan selama 7 hari sampai tanggal 10 Agustus 2019.

“Kegiatan Pasar Khusus Hewan Qurban ini dimaksudkan sebagai sarana peningkatan pemasaran hewan ternak yang penjualannya terpusat di satu tempat sehingga Dinas PKH akan lebih mudah untuk memantau kondisi kesehatan dan kelayakan Hewan Qurban yang akan dijual, serta mempermudah konsumen / umat Muslim untuk berbelanja Hewan Qurban yang sesuai kualitas dan kelayakan harga,” terang Kadis PKH, Ida Pandanwangi.  

Pada Selasa (16/7) yang lalu, Tim Dinas PKH bersama Kadis Perindagkopukm, Sekcam Pangkalan Lada, Sekdes Pandu Senjaya, pengurus KUD Karya Tani, pengurus Sentra Peternakan Rakyat (SPR), melakukan koordinasi dan dilanjutkan pemeriksaan langsung ke lokasi Pasar Sayangan yang akan dijadikan lokasi Pasar Khusus Hewan Qurban 1440 H.

Ir.Ida Pandanwangi berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik karena adanya dukungan dari masyarakat Desa Pandu Senjaya dan perangkat desa setempat. Beliau juga berharap kedepannya Pasar Sayangan bisa menjadi Pasar Hewan Ternak, karena wilayah ini sudah ada SPR yang berkembang dengan baik.

Kabid PPSDMK M.Rubiansyah,SPt,M.Si mengatakan bahwa untuk memeriahkan kegiatan Pasar Hewan Qurban tahun ini, bersama dengan SKPD terkait, selain melaksanakan penjualan ternak Qurban dan aneka ternak lainnya akan diadakan kegiatan senam massal, pangan murah, pojok horti, pelatihan pemeriksaan hewan ternak dan sosialisasi perlindungan konsumen, lomba bobot ternak Qurban yang berdasarkan bobot real Hewan Qurban dan lelang ternak Qurban.

“Sampai dengan Selasa (30/7), persiapan pelaksanaan kegiatan telah mencapai 80%. Ini semua tidak terlepas dari dukungan penuh dari berbagai pihak terutama dari perangkat Desa Pandu Sanjaya,” pungkas M.Rubiansyah selaku Ketua Panitia Pelaksana. (dpkh kobar)