Jaga Produktifitas Perikanan Tangkap, Diskan Kobar Serahkan Bantuan Mesin Kapal di Desa Teluk Bogam

MMC Kobar – Besarnya potensi sumber daya perikanan dibidang perikanan tangkap yang dimiliki Kabupaten Koatawaringin Barat (Kobar) perlu dimanfaatkan secara optimal. Namun demikian, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang nyata pada sektor usaha perikanan tangkap, khususnya untuk nelayan kecil.

Guna mempertahankan keberlangsungan usaha dan pendapatan nelayan kecil Pemerintah Daerah Kabupaten (Kobar) melalui Dinas Perikanan (Diskan) menyerahkan bantuan mesin kapal kepada kelompok nelayan di Desa Teluk Bogam, Selasa (15/06). Deli Selaku ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Terbit Fajar  mengatakan, bantuan mesin yang sangat membantu operasional kami dalam melakukan aktifitas penangkapan ikan.

“Mewakili seluruh anggota KUB kami sangat berterima kasih pada Pemkab Kobar yang telah merealisasikan usulan yang kami sampaikan melalui Dinas Perikanan. KUB Terbit Fajar akan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan ini untuk menunjang kegiatan penangkapan yang kami lakukan,” ujar Deli.

Sementara itu kepala Diskan yang diwakili Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil, Manis Suharjo dalam keterangan singkatnya Pemkab Kobar melalui Dinas Perikanan mulai menyalurkan bantuan kepada nelayan jenis mesin kapal pada KUB-KUB yang sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kelompok Penerima Hibah untuk tahun 2021.

“Kami berharap bantuan yang diserah terimakan nantinya digunakan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk menunjang kegiatan penangkapan ikan sehingga dapat meningkatkan produktifitas yang tentunya akan banyak memberikan keuntungan bagi nelayan,” ujar Manis.

Secara berkala, lanjut Manis, melalui penyuluh perikanan sebagai perpanjangan tangan Diskan Kobar akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemafaatan bantuan yang diserahkan. (nita&razak/diskan kobar)